DP2 Kota Makassar Melakukan Kegiatan Vaksinasi dan Pemberian Suplemen untuk Hewan Ternak

oleh
oleh

MAKASSAR, – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2 bersama Satuan Tim Gerak Cepat (TGC) PMK DP2 melakukan kegiatan Vaksinasi dan Pemberian Suplemen untuk Hewan Ternak di Kel.Barombong Kec.Tamalate dan Kel.Tamangapa Kec. Manggala. Selasa, (22/11/2022).

Penyakit mulut dan kuku atau biasa disebut PMK pada hewan ternak kerap dijumpai akhir-akhir ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel. Kerugian dari dampak penyakit ini bukan hanya dirasakan oleh peternak, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas, yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah jangan sampai penyakit ini menyebar antar-ternak yang peka dan jangan sampai manusia menjadi perantara atau penyebar kepada hewan yang peka. Pada manusia sendiri, tidak menimbulkan penyakit, namun dampaknya adalah pada hewan peka. Hewan yang peka terhadap PMK adalah sapi, kerbau, kambing, domba, rusa, babi, unta dan beberapa jenis hewan liar seperti bison, antelope, jerapah dan gajah.

Berbagai upaya lainnya terus gencar dilakukan yaitu, dengan melakukan pengetatan lalulintas hewan ternak, penutupan wilayah (lockdown), melakukan disinfeksi, melakukan pemeriksaan post mortem produk daging terkait PMK di RPH, melakukan pemeriksaan klinis, melanjutkan pemberian multivitamin dan antibiotik pada hewan ternak sehat ataupun yang sakit, penyemprotas gusanex pada kaki ternak yang bergejala atau luka karena PMK serta memberikan edukasi penanganan PMK kepada peternak dan masyarakat.(DN)

No More Posts Available.

No more pages to load.