Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Melakukan Kegiatan Pengambilan Sampel Pakan PT. Charoen Pokphand Indonesia

oleh

MAKASSAR, – Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar melakukan kegiatan pengambilan sampel pakan PT. Charoen Pokphand Indonesia di Kawasan Kima Kec. Tamalanrea. Rabu, (16/11/2022).

Industri pakan ternak merupakan bagian dari suatu mata rantai pada sektor peternakan. Keberhasilan sektor peternakan salah satunya ditentukan oleh ketersediaan pakan ternak. Pakan ternak yang tersedia bukan hanya dari segi kuantitas saja tetapi juga dari segi kualitas. Produsen pakan ternak wajib menghasilkan dan mempertahankan kualitas ransum yang sesuai dengan kebutuhan ternak. Produsen harus menjamin bahwa ransum yang dihasilkan tidak membahayakan kesehatan ternak dan manusia sebagai konsumen produk peternakan.

Produk pangan asal ternak (daging,susu,telur) yang berkualitas dari sisi kandungan gizi dan aman dikonsumsi oleh masyarakat, tentunya dihasilkan dari ternak yang mengkonsumsi pakan berkualitas. Pakan mempunyai peran penting dan strategis dalam menentukan tingkat produksi dan produktivitas ternak. Pakan terdiri dari campuran beberapa bahan yang di dalamnya memiliki kandungan nutrisi dan karakteristik tertentu sehingga perlu  dilakukan pengawasan/ kontrol terhadapap kualitas dan keamanannya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meminimalisir peredaran pakan ternak yang belum memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Persyaratan Teknis Mutu (PTM) serta menguji kualitas pakan secara fisik dan kandungan nutrisi didalamnya.(DN)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.