Dishub Makassar Kerjasama FT UNHAS Selenggarakan Paparan Pendahuluan Tataran Transportasi Lokal

oleh
oleh

MAKASSAR– Pusat Teknologi (Pustekno – CoT) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin bersama Dinas Perhubungan Kota Makassar menyelenggarakan paparan pendahuluan mengenai Tataran Transportasi Lokal (TATRALOK) Kota Makassar.

Kegiatan itu digelad pada Selasa 29 Agustus 2023, di Exhibition Hall Ground Floor, Gedung CoT Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Turut hadir dalam acara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, bersama dengan Tim Peneliti lainnya, Tim Penyusun, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Aulia Arsyad, S.STP, M.Si, beberapa Pihak dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar.

Adapun Tim peneliti yang di komandoi oleh Prof. Dr. Ir. Sumarni Hamid Aly MT. (Tenaga Ahli Perencanaan dan Pemodelan Transportasi ), Prof. Ir. Sakti Adki Adisasmitha , MS.,M.Eng., Sc., Ph.D., IPM ( Tenaga Ahli Rekayasa dan Manajemen Transportasi Udara ), Prof. Dr. Eng. M. Isran Ramli, ST.,MT.,IPM.,AER ( Tenaga Ahli Perencanaan Angkutan Umum/ Kereta Api),Ir. Hajriyanti Yatmar, ST.,M.Eng (Tenaga Ahli Rekayasa dan Manajemen Jalan lalu lintas ), Dr. A.St. Chairunnisa, ST.,MT. (Tenaga Ahli Rekayasa dan Manajemen Transportasi Laut),Dr.Eng. Abd. Rahman Rasyid, ST.,MT.(Tenaga Ahli pengembangan Wilayah Kota),Dr.Eng.Muralia Hustim, ST.,MT.(Tenaga Ahli Lingkungan/Manajemen ekonomi Transportasi).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perhubungan yang diwakili oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Kota Makassar Syafran, A.P., M.H mengatakan bahwa TATRALOK sebelumnya yang dibuat pada tahun 2019 sudah tidak sesuai dengan keadaan lalu lintas Kota Makassar sekarang, oleh karena itu kami berinisiatif untuk melakukan semacam revisi.

“Pada paparan pendahuluan ini Tim Penyusun telah menjelaskan rencana dan metode apa saja yang akan dilakukan untuk merealisasikan Tataran Transportasi Lokal Kota Makassar ini,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, bahwa latar belakang penyusunan Tataran Transportasi Transportasi Lokal ini karena meningkatnya jumlah penggunaan mobil pribadi dan mobilitas masyarakat serta belum maksimalnya penggunaan angkutan umum.

“Juga dengan memberikan dampak kemacetan pada beberapa ruas jalan serta secara tidak langsung dapat meningkatkan polusi udara. Tim Penyusun sendiri adalah tenaga ahli yang memiliki kepakaran di bidangnya dan berasal dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin,” ucap Syafran

Melalui penyusunan TATRALOK ini akan dilakukan pemetaan jaringan lalu lintas dan transportasi makro serta pengembangan sarana dan prasarana perhubungan yang terangkum dalam satu Tatanan Transportasi yang mengacu kepada kebijakan pengembangan wilayah Kota Makassar.

“Diharapkan dengan adanya TATRALOK ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi lalu lintas dan manajemen transportasi makro yang terintegrasi di Kota Makassar,” katanya

Sebelum paparan pendahuluan ini telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan antara Dinas Perhubungan Kota Makassar dengan Pusat Teknologi CoT Universitas Hasanuddin untuk penyusunan TATRALOK ini. (*)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.