Berkunjung Ke DPU Makassar, DPU Jambi Apresiasi Program Pemkot Makassar

oleh

MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar menerima kunjungan Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi sebanyak empat orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi beserta pejabat fungsional pada Rabu (28/7/2022). ).

Kunjungan tersebut disambut hangat dan diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Denny Hidayat beserta Kepala Bidang Bina Teknis, Kabid Prasarana dan Gedung Pemerintahan serta Pejabat Fungsional Jasa Konstruksi.

Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi mengunjungi berbagai inovasi khususnya yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar dan umumnya oleh Pemerintah Kota Makassar sehingga menjadi inspirasi bagi Pemerintah Kota Jambi untuk melakukan inovasi-inovasi untuk kemajuan daerah.

Denny Hidayat menyampaikan sejumlah inovasi dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.

“Dinas Pekerjaan Umum telah mengadakan Forum Jasa Konstruksi yang membahas Makaverse – Makassar di Metaverse, pengembangan platform Metaverse ini merupakan upaya Pemkot Makassar untuk mengadopsi teknologi digital dengan virtual reality yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat Makassar khususnya dan Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

“Selain itu, ada Program Marvec – Makassar Virtual Economic Center yang diharapkan bisa menjadi startup gang agar pemulihan ekonomi pasca dilanda pandemi Covid-19 bisa segera tercapai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Denny juga memaparkan berbagai inovasi lainnya seperti Longwis atau Lorong Wisata, dimana program ini merupakan salah satu upaya Pemkot Makassar untuk memulihkan perekonomian. Terutama dalam mempromosikan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan mendukung pariwisata lokal.

Kepala Bidang Pengembangan Teknis Irma Yanti Ishak menjelaskan program kerja Pengembangan Jasa Konstruksi untuk memfasilitasi sertifikasi 10.000 tenaga kerja terampil konstruksi. Hingga tahun 2021 sudah tersertifikasi sebanyak 950 orang, sedangkan pada 2022 akan dilakukan sertifikasi dengan target 350 orang, terdiri dari 50 petugas K3 dan 300 tukang.

Adapun Program Kerja Prasarana dan Gedung Pemerintahan, Hajar Aswad selaku Kepala Bidang menjelaskan, tahun ini pembangunan Mall Layanan Umum dengan anggaran 190 miliar akan dilakukan dan dilakukan secara multiyears. Selain itu, ada Japparate yang merupakan jogging track terapung di sepanjang pantai Losari yang sedang dalam proses menggunakan skema KPBU atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi sangat mengapresiasi semua program yang dicanangkan Pemkot Makassar.

“Harapan kami apa yang telah kami dengar dan lihat dari Kota Makassar nantinya dapat menjadi inspirasi dalam mengembangkan inovasi di Kota Jambi,” jelasnya.(**)

No More Posts Available.

No more pages to load.