Server PPDB Makassar Down di Hari Pertama, Danny Minta Manajemen Dibenahi

oleh
Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meminta manajemen pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Makassar 2022 diatur dengan baik. Imbauan ini menyusul server PPDB sempat down atau bermasalah pada hari pertama untuk jalur zonasi.

“Memang begini, memang manajemen pembukaan, membuka (pendaftaran PPDB) ini harus betul-betul juga harus diperhatikan. Kan ini pendaftaran, jangan bertumpuk pada satu waktu,” tutur Danny saat dikonfirmasi, Senin (20/6/2022).

Menurutnya akan wajar server PPDB bermasalah ketika pendaftaran dilakukan secara serentak pada satu waktu. Apalagi jumlah pendaftar PPDB Makassar hari pertama sangat tinggi.

“Saya selalu sampaikan, manajemen yang harus diperbaiki. Karena kalau (pendaftar) serentak, biar server di mana juga jebol,” tegas dia.

Makanya perlu ada pengaturan bagi tiap pendaftar agar tidak bersamaan mengakses sistem aplikasi PPDB. Dia mencontohkan waktu mendaftar calon peserta didik berdasarkan ulang tahunnya.

“Saya kira perlu ada manajemen misalnya gini, yang ulang tahun Januari-Februari mendaftar, harus begitu. Kan tidak ditahu siapa mendaftar ini, ulang tahunnya siapa, tapi diatur ki,” urai Danny.

Dirinya pun akan mengawal langsung PPDB Makassar tingkat SD/SMP jalur zonasi yang banyak dikeluhkan tiap tahun tidak sesuai titik koordinat dengan domisili.

“Itu insya Allah kita jaga ini. Masa ada orang tinggal di kelas titik koordinatnya, tidak masuk akal itu. Ini kita, ini yang saya konsen ini, menjaga itu. Jadi mengawasi tentang domisili itu,” tegas Danny.

Diketahui server PPDB Makassar tingkat SD/SMP sempat down atau bermasalah. Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Makassar berdalih hal ini lantaran tingginya jumlah pendaftar di hari pertama yang mengakses sistem PPDB Makassar secara bersamaan.

“Itu gangguan karena biasa terlalu banyak yang masuk (daftar di sistem aplikasi PPDB). Tapi sudah kami benahi dan sekarang sudah lancar,” ungkap Kepala Diskominfo Makassar Mahyuddin saat dikonfirmasi, Senin (20/6).

Pihaknya pun sudah melakukan perbaikan dengan mempersiapkan kecepatan jaringan internet mencapai 150 mbps untuk mendukung kelancaran akses pendaftaran PPDB. Kapasitas server PPDB Makassar pun ditambah.

“(Kecepatan jaringan internet) kita tambah 150 mbps. Kapasitas server kami tambah juga 1 tera,” pungkasnya.

Diketahui PPDB Makassar 2022 tingkat SD/SMP mulai dibuka untuk penerimaan jalur zonasi. Pendaftaran dibuka sejak 20-24 Juni 2022.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.