Server PPDB Makassar SD/SMP Bermasalah, Buntut Pendaftar Hari ke-1 Membludak

oleh
oleh

Makassar – Pendaftar hari pertama pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) Makassar 2022 tingkat SD/SMP untuk jalur zonasi membeludak. Akibatnya, server PPDB Makassar sempat bermasalah pagi tadi.

“Itu gangguan karena biasa terlalu banyak yang masuk (daftar di sistem aplikasi PPDB). Tapi sudah kami benahi dan sekarang sudah lancar,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mahyuddin saat dikonfirmasi, Senin (20/6/2022).

Dia menjelaskan bermasalahnya server PPDB Makassar ini karena tingginya angka pendaftar. Belum lagi mereka mengakses aplikasi PPDB secara serentak pada waktu yang sama.

“(Laporannya) Kami langsung dapat di grup PPDB bahwa (situs pendaftaran PPDB) error 505 bad gateway. Jadi langsung kita benahi,” ucap dia.

Mahyuddin mengaku pun sudah mengantisipasi dengan mempersiapkan kecepatan jaringan internet mencapai 150 mbps untuk mendukung kelancaran akses pendaftaran PPDB. Kapasitas server PPDB Makassar pun ditambah.

“(Kecepatan jaringan internet) kita tambah 150 mbps. Kapasitas server kami tambah juga 1 tera,” urai Mahyuddin.

Pihaknya juga menyediakan layanan bantuan pendaftaran bagi orang tua calon siswa yang keterbatasan perangkat dan jaringan internet. Warga bisa mendatangi kantor Diskominfo Makassar untuk memanfaatkan fasilitas registrasi PPDB Makassar yang disiapkan.

“Kami buka layanan di kantor. Kami siapkan 7 PC (personal computer) untuk mempermudah masyarakat yang kesulitan, tidak punya kuota internet dan perangkat,” bebernya.

Sementara jika ada aduan terkait kesalahan titik koordinat zonasi PPDB Makassar, pihaknya mengarahkan orang tua calon peserta ke sekolah asal atau sekolah pilihan untuk mendaftar.

“Aduan koordinat itu kami arahkan ke sekolah asal, atau ke sekolah tempat mendaftar. Begitu petunjuk dari Dinas Pendidikan,” tandas Mahyuddin.

Sementara Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menekankan agar manajemen pendaftaran PPDB dibenahi. Menurutnya wajar server akan bermasalah jika pendaftar serentak di satu waktu.

“Memang begini, memang manajemen pembukaan, membuka (pendaftaran PPDB) ini harus betul-betul juga harus diperhatikan. Kan ini pendaftaran, jangan bertumpuk pada satu waktu,” papar Danny.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.