Acara Mappacci Anak Nurdin Abdullah Dihadiri Menteri dan Mantan Gubernur Sulsel

oleh
oleh
Acara Mappacci Anak Nurdin Abdullah Dihadiri Menteri dan Mantan Gubernur Sulsel

MACCA.NEWS– Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dan istri Liestiaty F Nurdin menggelar acara adat mappacci/mappacing menjelang pernikahan putranya Fathul Fauzy Nurdin (Uji) di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu malam (9/1/2019).

Ribuan tamu undangan hadir langsung, diantaranya Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, Forkopimda Sulsel, bupati/wali kota se Sulsel, raja-raja dan permaisuri se Sulsel dan tokoh masyarakat. Termasuk mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mantan Gubernur Sulsel Amin Syam dan mantan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang. Serta sejumlah mantan pejabat Sulsel lainnya.

Acara diawali dengan musik tradisional penabuhan tunrung renjang mengantar langkah Fauzy menuju ke tempat mappacci didampingi kedua orang tua dan saudara-saudarinya. Kemudian lilin dinyalakan.

“Hadirin yang terhormat, sembari mengikuti persiapan prosesi mappacci, calon mempelai telah duduk dipelaminan dan lilin sudah dinyalakan. Maka dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT, perkenankan kami memberikan penghormatan kepada hadirin sekalian sesuai sapaan Islam, Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’ alaikum warahmatullahi wabarakatuh,” kata pemandu acara menyapa para tamu undangan.

Malam mappacci atau malam pacar yang dilaksanakan pada 4 Jumadil Awal 1440 Hijriah ini. Adalah rangkaian acara tradisional dalam proses pernikahan adat di Sulsel yang dilaksanakan pada malam hari sebelum proses akad nikah.

Selanjutnya pembacaan kalam ilahi yang dikumandangkan qori terbaik nasional tahun 2016 Ustadz Baharuddin dan sari tilawah oleh Anugrah Pujiati. Doa dibacakan oleh Kiai Haji Sanusi Baco LC.

Sanusi Baco menyampaikan doa setiap perkawinan sangat dibutuhkan. Sebab walaupun kawin terlihat mudah, tetapi yang paling mulia dan besar adalah membangun rumah tangga yang penuh kebahagian dan kemenangan.

“Doa ini dimaksudkan agar keluarga Ananda Fahrul Fauzy Nurdin sama dengan arti nama Ananda sendiri, Fahrul Fauzy artinya pembuka kemenangan dan kebahagian. Mudah-mudahan rumah tangganya mencapai tingkat kebahagian dan kemenanangan,” sebutnya.

Selanjutnya, memasuki prosesi mappaci. Para tokoh dijemput dua dara-dara cantik untuk memberikan doa dan restu. Diawali Pertama oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, kemudian Syahrul Yasin Limpo, disusul HM Amin Syam, selanjutnya Forkopimda Sulsel. Raja-raja seSulsel pun memberi restu yang diwakili oleh Raja Gowa A Kumala Ijo.

Terakhir, NA memberikan daun pacar kepada buah hatinya, yang diakhiri dengan ciuman dan pelukan.

Adapun, perlengkapan mappacci, diantaranya, bantal pengalas kepala, 7 sarung sutera atau 2 x7 lembar (ketekunan/penutup kehormatan), pucuk daun pisang (colli) daun belum tua melambangkan sikap hidup berkesinambungan, daun muda melambangkan sikap melanjutkan kehidupan. Daun panasa (nangka) mirip kata minasa (cita-cita), benno ase (beras goring), lilin dengan tempatnya, tempat pacci, daun pacci yang sudah dihaluskan (pacci Arab), kapur sirih/minyak, sarung/kain kuning untuk disusuki calon pengantin, taluttu (kain putih).

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan santap malam yang dihadiri ribuan orang.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.