Muslimah Wahdah Bulukumba, Raih Kemenangan dengan Amalan Terbaik di Bulan Suci Ramadhan

oleh

Maccanews, Bulukumba. – Waktu berlalu begitu cepat dan Ramadan yang dirindukan kian mendekat. Beberapa hari lalu Muslimah Wahdah Daerah (MWD) Bulukumba kembali mempersembahkan agenda spesial yang rutin terlaksana setiap tahunnya di 10 kecamatan sebagai bekal para muslimah sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

Daurah Ramadhan Muslimah Nasional yang bertajuk “Ramadhan Bulan Kemenangan” ini, menghadirkan Ustazah Nurul Huda Yunus sebagai salah satu pemateri di Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba.

Pada kesempatannya, Ustazah Nurul Huda menyampaikan tentang bagaimana menggapai kemenangan di bulan suci Ramadan. Meliputi dua poin utama, yaitu keutamaan dan amalan-amalan terbaik di bulan Ramadan.

“Salah satu keutamaan bulan Ramadan ialah pahala tanpa batas. Sesuai dengan hadis Rasulullah yang mengatakan bahwa setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat. Puasa yang kita kerjakan pahalanya untuk Allah semata, dan Allah sendiri yang akan membalasnya,” terang Ummu Ihsan Cabalu, sapaan akrabnya.

Keutamaan lainnya yaitu pada bulan Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam lailatul qadar atau malam kemuliaan, terdapat banyak ampunan, dan bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an.

“Di bulan suci Ramadan ini, jangan sampai kita abai dan lalai hingga melewatkan Ramadan begitu saja, tanpa melakukan amalan-amalan yang sesuai tuntutan-Nya,” tutur Ummu Ihsan Cabalu.

Adapun amalan-amalan terbaik yang bisa dikerjakan selama bulan suci Ramadan, seperti membaca Al-Quran, salat tarwih, memperbanyak sedekah, memberi makan orang-orang yang berpuasa, perbanyak doa, dzikir, dan istighfar.

Tak kalah penting, memperbanyak beribadah pada malam lailatul qadar, malam seribu bulan, malam diturunkannya Al-Quran.

“Jangan lupa kita hafalkan doa malam lailatul qadar, ibu-ibu. Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī. Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf. Karenanya, maafkanlah aku,” jelasnya.

Ustazah Nurul Huda kembali menambahkan, menuntut ilmu atau belajar juga termasuk dalam amalan terbaik di bulan suci Ramadan. Melaksanakan i’tikaf di sepuluh malam terakhir Ramadan, serta melaksanakan umrah.

Sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam HR. Bukhari, “Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku”.

Turut hadir ibu Camat Bontotiro, Fatri Julianti H, SKM, M.Kes., dalam sambutannya berpesan kepada seluruh hadirin untuk senantiasa mengilmui ibadah-ibadah yang akan dilakukan di bulan Ramadan. Salah satu caranya ialah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan syi’ar dakwah seperti yang sering diagendakan oleh Muslimah Wahdah.- HUMAS MWD Bulukumba

No More Posts Available.

No more pages to load.