BPBD Makassar Sebut Pemkot Mulai Ancang-Ancang Hadapi Transisi Cuaca

oleh

MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai mengambil ancang-ancang mitigasi banjir di masa transisi musim kemarau ke musim hujan. Fokus mitigasi akan dilakukan di 4 kecamatan langganan banjir.

“Kondisi Kota Makassar pada saat ini dari faktor cuaca memang sekarang kita dalam masa transisi dari musim kering atau kemarau ke musim hujan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar Hendra Hakamuddin, Sabtu 11 November 2023.

Hendra mengungkapkan 4 kecamatan langganan banjir tersebut yakni Biringkanaya, Tamalanrea, Manggala, dan Panakukang. Keempat wilayah ini akan dimitigasi dengan cara struktural dan non struktural.

“Mitigasi banjir kan ada istilah dalam kebencanaan itu ada mitigasi struktrutal dan non struktural. Struktural itu sifatnya fisik. Fisik itu artinya perbaikan drainase. Terus perbaikan tanggul,” ujarnya.

Saat ini kata Hendra, Pemkot Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar juga telah melakukan perawatan saluran air. Bahkan Pemerintah Pusat melalaui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) disebut sudah turut melakukan upaya mitigasi.

“Itu dilaksanakan oleh PU, bahkan tanggul sendiri juga beberapa waktu lalu pemerintah kota sudah membenahi beberapa panjang ruas,” ungkap Hendra.

“Kemudian kami juga mendapatkan informasi dari mitigasi strukturalnya dari Balai Besar Pompengan juga akan merencanakan membuat kolam retensi lagi di wilayah Maros. Ini diperkirakan akan mengurangi banjir di daerah-daerah Tamalanrea, Biringkanaya,” ujarnya.

Setelah status tanggap darurat bencana dipastikan, Hendra mengatakan pihaknya akan mulai beralih untuk membahas persiapan musim hujan. Dia akan memetakan waktu-waktu intensitas hujan tinggi yang bisa menjadi atensi nantinya.

“Ada namanya transisi bencana, dan berikutnya adalah kami sampaikan ke Pak Wali Kota dalam rapat koordinasi itu kami juga ingin membahas mengenai persiapan musim hujan,” ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.