Eksposure UMKM Kota Makassar Juga Ajarkan Manajemen Pengelolaan SDM

oleh

MAKASSAR – UMKM saat ini sedang dalam tren positif dengan jumlah yang semakin meningkat tiap tahunnya. Adanya UMKM dapat menciptakan lapangan kerja baru hingga memberi kontribusi nyata bagi perekonomian lokal maupun skala nasional.

Namun, dalam prosesnya tentu banyak rintangan yang akan dihadapi melihat persaingan bisnis di era digital. Maka dari itu, peningkatan kualitas SDM pun menjadi salah satu hal penting untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada.

Pertemuan keempat Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 5 pun menyajikan materi mengenai pengelolaan SDM bagi pelaku bisnis UMKM Kota Makassar.

Mentor kegiatan Khairul Umam yang juga merupakan Manager Inkubator UKM Kota Makassar mengatakan, dengan pengetahuan manajemen SDM peserta diharapkan mampu menerapkan sistem kerja yang efektif.

“Pengenalan manajemen SDM sangat penting, pelaku UMKM dapat membuat dan menerapkan metode atau sistem kerja yang baik,” katanya saat membawakan materi di hadapan peserta pelatihan. Senin, (9/10/2023).

“Selain itu, bagaimana pelaku UMKM membangun usaha bukan untuk diri sendiri, tapi juga bisa menjangkau orang sekitar ataupun membentuk timnya. Jadi peserta juga bisa paham bahwa dalam bisnis itu, tim sangat dibutuhkan untuk mecapai tujuan bisnis,”

Peserta dari Kelurahan Tidung, UMKM Usaha Bakso Tojeng 354, Evy Reskiyani menuturkan dengan materi yang disampaikan, dirinya bisa mengetahui banyak hal seputar manjemen SDM.

“Mulai dari pengertian visi dan misi perusahaan lalu gambaran struktur organisasi perusahaan, jenis-jenis struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan, job description. Juga mengenai kapan perlu memulai rekrutmen karyawan dan bagaimana cara membangun dan memanage tim,” tuturnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.