Dishub Makassar Launching Tiga Inovasi Sekaligus, Penerangan Jalan Warga di Pulau hingga Bus Sekolah

oleh
oleh

MAKASSAR– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menghadirkan tiga inovasi sekaligus untuk melayani masyarakat Kota Makassar.

Tiga inovasi tersebut yakni, Penerangan Jalan Masyarakat Pulau Metode Pembangkit Tenaga Bayu (Pajama Lampu), Manajemen Angkutan Laut Lorong Pulau Wisata (Mallopi) hingga Sistem Angkutan Anak Mengedukasi Nyaman Gratis (Si Kuning).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Makassar, Aulia Arsyad mengatakan, inovasi ini merupakan pengembangan atau pembaharuan dari inovasi yang telah ada sebelumnya.

“Intinya lebih diefektifkan lagi fungsinya,” ujar Aulia usai launching Inovasi Dishub di Anjungan Pantai Losari, Jumat, 28 Juli 2023.

Ia menjelaskan bahwa untuk Pajama Lampu merupakan lampu yang akan dipasang di pinggir pulau yang ada di Kota Makassar. Dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Angin (Wind Power) atau memanfaatkan hembusan angin sebagai sumber penghasil listrik. Fungsi utamanya yakni untuk memberi sinyal daratan bagi para nelayan. Juga untuk kenyamanan wisatawan.

“Target awal kita satu pulau dulu. Untuk pulaunya akan dilihat dari segi pemanfaatannya,” kata Aulia.

Estimasi anggaran digunakan sebesar Rp20 juta satu unit. Banyaknya yang akan diadakan berdasarkan besaran pulau. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.