Olimpiade Kimia Perdana Tingkat SMA Berlangsung di Universitas Muhammadiyah Bulukumba

oleh

MACCANEWS, BULUKUMBA – Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UM Bulukumba) baru-baru ini berhasil menyelenggarakan Olimpiade Kimia perdana tingkat SMA di Auditorium K.H. Achmad Dahlan Kampus II Universitas Muhammadiyah Bulukumba, yang dibuka pada Rabu, 15 Pebruari 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan Imaprodi Kimia bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi prodi Kimia kepada masyarakat luas terutama di kalangan SMA.

Ketua Imaprodi Kimia Sri Sumiati membagikan informasi menarik tentang peran mereka dalam menyelenggarakan acara ini serta dampaknya bagi Universitas.

Dia menjelaskan, peran Imaprodi Kimia sangat penting dalam penyelenggaraan Olimpiade Kimia di UM Bulukumba.

“Imaprodi sendiri merupakan penyelenggara dari Olimpiade Kimia ini. Peran Imaprodi Kimia mulai menyusun konsep lomba hingga pelaksanaan acara,” ungkap Sri Sumiati.

Olimpiade Kimia ini, katanya memiliki tujuan utama untuk mempromosikan prodi Kimia UM Bulukumba kepada masyarakat luas, terutama di kalangan SMA.

“Penyelenggaraan Olimpiade Kimia, secara tidak langsung mempromosikan kampus dan prodi Kimia UM Bulukumba. Selain pameran produk dari berbagai program studi, kami juga menyelenggarakan berbagai lomba dan seminar nasional bertema Kimia untuk memperkenalkan prodi Kimia secara khusus,” tambah Sri Sumiati.

Menurutnya, peserta lomba Olimpiade Kimia terlihat sangat antusias mengikuti acara ini, karena merupakan olimpiade Kimia tingkat SMA pertama kali diadakan dengan lokasi yang tidak jauh dari sekolah-sekolah di Kabupaten Bulukumba.

Tidak hanya antusias, peserta Olimpiade Kimia juga berhasil meraih prestasi yang gemilang. Beberapa prestasi yang dicapai peserta antara lain Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)
Juara 1 dalam Lomba Cepat Tepat Kimia (LCTK)
Juara 1 dalam Lomba Akustik.

Sri Sumiati mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi tersebut. Namun, Sri Sumiati juga mengakui adanya kendala dalam penyelenggaraan Olimpiade Kimia ini.

Hanya saja dia mengakui kendala penyelenggaraan Olimpiade Kimia tentunya masih banyak yang perlu diperbaiki, karena ini merupakan acara perdana tingkat SMA. Kami akan lebih mempersiapkan diri untuk acara selanjutnya.

Menyambut kesuksesan acara ini, Imaprodi Kimia UM Bulukumba berencana menyelenggarakan Olimpiade Kimia Batch kedua di masa yang akan datang.

“Kami berencana untuk mengadakan Batch kedua Olimpiade Kimia di masa yang akan datang. Kami akan menambahkan lebih banyak lomba dan melakukan persiapan yang lebih matang agar peserta di Batch kedua lebih banyak lagi daripada sebelumnya,” sebut Sri Sumiati.

Menurutnya, Olimpiade Kimia perdana ini merupakan tonggak bersejarah bagi Universitas ini dan berhasil mempromosikan prodi Kimia serta meningkatkan eksposur UM Bulukumba di kalangan SMA.-(*)

Editor Suaedy

No More Posts Available.

No more pages to load.