Dishub Kota Makassar Terjunkan 250 Personel Kawal MNEK 2023

oleh
oleh

MAKASSAR – Tidak sedikit event besar bakal digelar di Kota Makassar. Mulai dari event nasional hingga internasional.

Dibutuhkan kesiapan yang matang bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk melaksanakannya hingga sukses. Berjalan tanpa kendala.

Seperti dalam waktu dekat ini, event internasional bakal terselenggara. Yakni Multilateral Naval Exersice Komodo (MNEK) 2023. Rencananya berlangsung pada 5-8 Juni mendatang.

Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara. Lokasi kegiatan sudah ditentukan, di kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar turut andil dalam menyukseskan event tersebut. Apalagi, jumlah tamu undangan tidak sedikit.

Makassar bakal didatangi personel angkatan laut atau marinir dari 50 negara peserta MNEK.

Sekira 250 personel Dishub Makassar akan diterjunkan untuk mengawal jalannya kegiatan.

“Anggota dari Dishub nantinya kita sebar di sejumlah ruas jalan. Titiknya masih akan ditentukan setelah kami terima rundown acara dari panitia pelaksana,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Makassar, Syafran AP, Jumat (26/5/2023).

Tidak hanya itu, Dishub Makassar juga bakal membuat rekayasa lalu lintas. Ratusan personel dari Dishub Makassar bakal di tempatkan di ruas jalan untuk mengatur arus lalu lintas. Menyesuaikan rekayasa lalu lintas.

“Pastinya, kita tetap berkoordinasi dan konsultasi dengan Satlantas Polrestabes Makassar,” sambung Syafran.

Rabu lalu, 24 Mei 2023, Kepala Dishub Makassar, Aulia Arsyad bahkan turun meninjau langsung lokasi pelaksanaan MNEK. Ikut serta Danlantamal VI Makassar, Brigjen TNI (Mar) Amir Kasman melakukan peninjauan bersama Tim Mabes TNI AL lainnya. Juga hadir beberapa pejabat dari lingkup Pemkot Makassar.

Panitia pelaksana MNEK 2023 ini diketahui dari TNI Angkatan Laut. Dikomandoi Kolonel Laut Edi Haryanto sebagai Dansatgas MNEK 2023.

Hanya saja, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto pernah menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan MNEK 2023 saat meninjau langsung lokasi pelaksanaan kegiatan, pada April lalu.

Saat itu, Danlantamal VI Makassar dan Komandan Guspurla Koarmada II turut hadir di lokasi, kawasan CPI.

Bagi Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar, event ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan Makassar hingga ke kancah internasional.

“Kita sebagai tuan rumah akan dikunjungi 5 ribu marinir seluruh dunia. Ini kan gengsi kita di tingkat internasional, kalau mereka puas kita juga bangga,” ucapnya.

Olehnya itu, Danny Pomanto berjanji akan menyukseskan MNEK, dengan melibatkan perangkat daerah untuk melakukan pembenahan di lokasi.

“Jadi di sana nanti (CPI) akan dibangun tugu MNEK. Itu tidak ada anggarannya makanya kita akan pakai dana CSR,” sebutnya.

Danny Pomanto juga berencana akan menjamu para tamu dari perwakilan 50 negara itu, di Kapal Pinisi. Dikemas dengan acara Gala Dinner. Sekaligus memperkenalkan branding Makassar Kota Makan Enak.

“Selama tiga hari MNEK di Kota Makassar ada sekitar 20 acara. Nah kita kebagian makan malam, kita sudah siapkan chef terbaik,” ujar Danny Pomanto.

Beberapa waktu lalu, Danny Pomanto bahkan berulang kali datang ke lokasi pelaksanaan MNEK 2023 untuk meninjau langsung pembuatan Kapal Pinisi yang nantinya akan dipamerkan ke peserta MNEK 2023.

No More Posts Available.

No more pages to load.