Pastikan Keamanan Pemudik, Dishub Makassar Periksa Kelayakan Bus Antar Daerah

oleh
oleh

MAKASSAR –  Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar melaksanakan Ramp Check di Terminal Regional Daya. Kamis malam, (20/4/2023).

Satu per satu kelayakan kondisi bus antar daerah atau antar kota dalam provinsi diperiksa. Jumlahnya belasan unit.

Ramp Check dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik yang ingin merayakan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di kampung halamannya.

“Kegiatan ini hampir setiap tahun dilaksanakan,” kata Kepala Dishub Makassar, Aulia Arsyad.

Pun kita dia, Ramp Check merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan RI setiap menjelang hari raya. Juga melibatkan aparat kepolisian dari Satuan Lalu Lintas dan TNI, serta petugas dari PD Terminal Makassar Raya.

Plt Kepala UPTD-PKB Dishub Makassar, Asis Sila bilang, pemeriksaan kendaraan dimulai dari pengecekan fisik ban, setir mobil, alat rem hingga lampu kendaraan.

Asis Sila bahkan meminta sopir untuk memperlihatkan surat-surat kendaraannya. Jika, dianggap tidak memenuhi syarat kelayakan, bus tidak diperbolehkan berangkat.

“Kita berharap, angkutan lebaran tahun ini bisa lebih aman, artinya tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan, karena kesiapan kendaraan ini yang perlu kita cek agar aman dan lancar sehingga keselamatan penumpang bisa terjamin,” harapnya. (adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.