Ketua DPRD Rudianto Lallo Imbau Warga Aktif Kontrol CSR Perusahaan

oleh
oleh

Makassar, – Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo menggelar penyebarluasan peraturan daerah (Perda) nomor 2 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) di Hotel Condotel Primer Karebosi, Makassar, Sabtu (25/3/2023).

Legislator asal Partai NasDem itu mengatakan, peraturan daerah tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan hidup belum sepenuhnya dipahami dengan baik oleh masyarakat. Peraturan ini telah memberikan penegasan jika perusahaan apapun yang ada di Makassar memiliki tanggungjawab atau CSR.

” Perusahaan berkewajiban mengeluarkan dana CSR untuk kepentingan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan. Olehnya mari kita bersama-sama dorong perusahaan bisa terlibat dalam kegiatan masyarakat melalui dana CSR yang mereka miliki,”kata Rudianto Lallo.

Melelalui momentum ini, Legislator dua periode Makassar itu mengimbau masyarakat agar bisa menyebarluaskan perda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Sehingga, warga mengetahui hak dan kewajiban perusahaan yang ada di lingkungannya.

“Jadi tanggungjawab perusahaan dalam bentuk CSR tidak hanya berupa program kegiatan, tetapi dapat berbentuk fisik, seperti bantuan gerobak usaha, dan sejenisnya. disamping itu juga dapat mengeluarkan dana untuk kegiatan peningkatan SDM di masyarakat,” kata Rudianto Lalo.

Sementara itu, Narasumber dari Dewan CSR, Faizal menambahkan jika anggaran CSR perusahaan dapat diperuntukkan untuk membangun seperti sanitasi dan serta rehabilitasi pemukiman kumuh.

“Kontribusi CSR itu sangat penting untuk pembangunan, disamping itu dapat membantu pemerintah yang keterbatasan anggaran,”paparnya.

Senada dengan Faizal, Arham, SE yang juga selaku pemerhati lingkungan menekankan agar perusahaan tidak hanya sibuk mengejar profit atau keuntungan, tapi mereka punya kewajiban membagi keuntungan itu kepada masyarakat.

“Jika ada perusahaan yang enggan mengeluarkan CSRnya ini dapat dilaporkan kepada dewan CSR selaku pihak yang sah yang ditunjuk pemerintah mengumpulkan anggaran CSR,”sebutnya.(dn)

No More Posts Available.

No more pages to load.