KPU Bulukumba Mulai Laksanakan Coklit

oleh

Maccanews, Bulukumba — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba mulai melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu Tahun 2024, dimulai dari tokoh- masyarakat.

Untuk tahun ini, proses Coklit dilakukan menggunakan sistem e-Coklit atau pemutakhiran data pemilih melalui aplikasi yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayahnya.

Sebelum melaksanakan e-Coklit, petugas Pantarlih telah mendapatkan pelatihan atau Bimbingan Teknis terkait proses dan tata cara e-Coklit.

Pelaksanaan Coklit pertama, dilakukan di kediaman Tokoh Agama yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Bulukumba, K. H. Tjamiruddin di Jl. H. Abdul Karim, Kelurahan Tanah Kongkong, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba.

Proses e-Coklit di kediaman ketua MUI dilaksanakan oleh Pantarlih didampingi Ketua KPU Bulukumba, Kaharuddin, dan PPK Ujung Bulu.

K. H. Tjamiruddin menyambut baik dan memberikan wejangan kepada seluruh badan Adhoc KPU yang bertugas pada Pemilu Tahun 2024.

Ia mengatakan, seluruh badan Adhoc yang bekerja agar kiranya dapat menjalankan tugas dan kewenangannya dengan baik dan tertib.

“Seluruh petugas KPU yang bekerja harus betul-betul melaksanakan kewenangannya dengan Nawaetul Lillahi Ta’ala. Sebab kalau ini sukses berarti akan memberikan keberkahan bagi semuanya,” ucapnya saat dikunjungi siang tadi. Selasa, 14 Februari 2023.

Selain tokoh Agama, Ketua Badan Pengawasan Pemilu (BAWASLU) Bulukumba, Ambo Radde Junaid juga dikunjungi langsung oleh Kaharuddin untuk dilakukan proses e-Coklit.

Ambo Radde Junaid akan menggunakan hak pilihnya di TPS 1 Desa Lonrong, dusun Bulu Lonrong Kecamatan Ujungloe Kab. Bulukumba.

Saat dikonfirmasi, ia mengaku telah dicoklit oleh Panttarlih yang bekerja di TPS wilayah tersebut didampingi Ketua KPU Bulukumba.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pemilu dengan mengikuti rangkaian tahapan yang sudah disiapkan KPU.

“Pada akhirnya kita bisa ikut meramaikan pesta demokrasi dan dapat melahirkan pemimpin yang berintegritas,” pesannya.

Ketua KPU Bulukumba Kaharuddin menghimbau kepada Pantarlih dan seluruh Anggota Badan Adhoc, agar dapat menjalin koordinasi dengan baik dalam menjalankan tugas dan kewenangannya masing-masing.

“Proses Coklit harus senantiasa mengindahkan 7 prinsip prinsip kerja yaitu akurasi, komprehensif, mutakhir, inklusif, transparan, responsif dan partisipatif,” tegasnya.- (**)

Editor Suaedy

No More Posts Available.

No more pages to load.