PDAM Makassar Siapkan 2 Pompa Baru Perkuat Tekanan Air ke Rumah Pelanggan

oleh
MAKASSAR – PDAM Makassar mencari solusi untuk mengatasi permasalahan krisis air bersih yang terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).
PDAM merencanakan untuk memasang pompa baru di dua lokasi berbeda.

“Kita sudah adakan perencanaan untuk tahun depan, itu ada perencanaan pemasangan pompa In-line di sekitar daerah Pannampu dengan Barukang,” kata Humas PDAM Makassar Idris Tahir, Minggu (11/12/2022).

Idris mengatakan pompa yang dipasang nantinya akan menambah tekanan sehingga distribusi air yang tadinya rendah itu bisa bertambah.

“Nah itu, rencananya kalau memang itu bisa, itu diharapkan bisa menambah tekanan air sampai di daerah Makam Raja-Raja Tallo itu,” sebut Idris.

Selain itu, Idris mengungkapkan bahwa faktor lain tekanan air bisa rendah di Kecamatan Tallo karena jarak yang jauh. Kondisi itu membuat tekanan air pada pipa menjadi berkurang.

“Nah terkhusus daerah Tallo dan Buloa memang agak kesulitan karena tekanan air di dalam pipa itu kecil. Jadi airnya tidak bisa naik ke rumah-rumah pelanggan,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, rencana PDAM Makassar untuk menjadikan Bendungan Nipa-Nipa sebagai sumber air baku yang baru dalam rangka mengatasi krisis air bersih saat musim kemarau belum bisa direalisasikan. Pihak PDAM mengaku masih perlu mengkaji ulang rencana tersebut.

“(Rencana suplai air baku) Bendungan Nipa-Nipa masih perlu kita pelajari kembali,” kata Idris, Minggu (11/12/2022).

Idris mengatakan rencana PDAM Makassar untuk menyuplai air baku dari Bendungan Nipa-Nipa tidak bisa serta merta dilakukan karena mesti memperhatikan beberapa hal. Di antaranya adalah perlu meninjau persoalan izin hingga memperhatikan kualitas air.

“Itulah yang mau kita kaji, kan tidak serta merta langsung. Pak Beni sudah menyampaikan bahwa ada perencanaan seperti itu. Kan masih banyak hal yang mesti harus dilihat, soal izinnya, soal kualitas airnya seperti itu,” katanya.

“Itu dipergunakan nanti saat kondisi air pada musim kemarau itu berkurang, bukan saat sekarang. Kalau musim penghujan itu air cukup di Bendungan Lekopaccing,” sambungnya.(Win)

No More Posts Available.

No more pages to load.