Unggul di Kelurahan Mampu, Ini Potensi Longwis Jincheng

oleh

Makassar – Lorong Wisata (Longwis) Jincheng atau Longwis Melati merupakan salah satu Longwis unggulan di Kelurahan Mampu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

Letaknya di Jalan Kodingareng Lorong 188. Longwis ini juga dilengkapi barcode dan berbagai mural, seperti Benteng Jincheng, Tari Pakarena, Tedong Bonga dan Naga.

Terdapat juga berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman hias yang dipasang di sisi kiri dan kanan lorong, tanaman sayuran dan pangan.

Lukman, selaku Dewan Lorong (Delor) mengatakan keunggulan dari Longwis Jincheng terletak pada tanamannya.

“Keunggulanya kita adalah tanamannya, ada tanaman hias, tanaman obat dan sayur mayur,” kata Lukman, Sabtu (5/11/2022).

Lukman membeberkan, tanaman yang dimaksud seperti siri, jahe, lengkuas, kacang hijau, kangkung, bawang merah, bawang putih, bawang dayak.

“Ada juga sawi pakcoy, selada dan sayur okra,” ujarnya.

Khusus budidaya tanaman sayuran, Lukman mengaku melakukan budidaya dengan 3 jenis metode penanaman. “Aquaponik, mikro green, dan hindroponik,” jelasnya.

Ada juga tanaman konvensial atau tanaman yang langsung ditanam di tanah. “Bayam merah, padi jagung dan porang,” bebernya.

Tak hanya itu, terdapat juga UMKM kuliner dan budidaya lobster air tawar dikombinasikan dengan ikan hias gupi serta ikan terapi dan pengelolalan sampah yakni membuat tempat komposter dan ekoenzim.

“Ekoenzim ini bisa digunakan sebagi hand sanitizer, pupuk, pengganti detergen dan bisa juga sebagai pembersih selokan,” tandasnya.

Longwis Jincheng memiliki panjang 95 meter dengan jumlah 15 rumah, 35 Kepala Keluarga (KK) dan 100 Jiwa. (Win)

No More Posts Available.

No more pages to load.