Sambut HUT Kota Makassar yang ke-415, MCN Hadirkan Konsep Pesta Rakyat Ramah Lingkungan

oleh
oleh

MAKASSAR, — Festival kuliner terbesar di kota daeng Makassar Culinary Night (MCN) kembali digelar di Fort Rotterdam Kota Makassar.

Event kuliner yang berlangsung selama dua hari ini akan diselenggarakan pada tanggal 5 dan 6 November 2022.

Pada perayaan kali ini MCN hadir dengan tema 415 Pesta Rakyat sebagai bentuk apresiasi MCN dalam rangkaian perayaan ulang tahun kota Makassar yang ke 415 pada 9 November mendatang.

Terselenggaranya Makassar Culinary Night 415 Pesta Rakyat tentu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar yang senantiasa menjadi support system event ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar Mohammad Roem, mengatakan Makassar Culinary Night menjadi salah satu kalender event andalan Dispar Makassar.

“Kami berharap dengan diselenggarakannya kembali MCN 415 Pesta Rakyat ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha UMKM kuliner lokal untuk memasarkan dan memperkenalkan produk mereka sehingga dapat menjangkau dan dinikmati oleh masyarakat luas khususnya warga kota Makassar,” kata Roem.

Founder Makassar Culinary Night Mistri Andi Muin, menjelaskan ada yang berbeda dalam penyelenggaraan MCN tahun ini.

Selain memperingati hari ulang tahun kota Makassar yang ke 415 kali ini MCN hadir dengan kampanye less plastic atau gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Kampanye ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan utamanya dalam penyelenggaraan event kuliner.

“Kami telah menghimbau kepada 77 tenant peserta yang telah diseleksi oleh pihak panitia dan kurator MCN untuk menggunakan wadah ramah lingkungan atau plastic eco friendly yang dapat didaur ulang,” katanya.

Tenant-tenant pilihan ini merupakan UMKM kuliner lokal yang menyuguhkan berbagai pilihan jajanan mulai dari makanan tradisionalhingga kekinian.

Tidak luput dari Makassar Culinary Night 415 Pesta Rakyat adalah kehadiran pihak sponsor, yakni Gojek yang setiap tahun ikut serta mendukung kesuksesan MCN dengan menghadirkan sistem transaksi non tunai bagi para pengunjung melalui pembayaran GoPay.

District Head Gojek Makassar Adwin Pratama Anas, mengungkapkan GoPay saat ini tidak terbatas pada urusan transportasi dan pesan antar makanan yang ada di dalam aplikasi Gojek saja. GoPay terus mendorong masyarakat untuk tetap bertransaksi secara aman tanpa kontak langsung.

Meski saat ini sudah mulai ada pelonggaran dalam event ruang terbuka kami berupaya untuk terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung di Makassar Culinary Night.

Pengunjung dapat memanfaatkan QRIS dari GoPay untuk pembayaran dan mendapatkan promo lebih hemat saat hendak menikmati kuliner favorit tanpa mengeluarkan uang tunai.

“Sebagai bentuk dukungan kami terhadap kampanye MCN less plastic, Gojek menyiapkan water station atau isi ulang air mineral bagi pengunjung MCN yang datang membawa botol / tumbler sendiri. Water station ini tersedia di beberapa titik area MCN, hanya dengan membayar GoPay Rp.1 pengunjung MCN dapat mengisi air mineral sesuai kebutuhan,” kata Adwin.

“Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, lewat #BangkitBersama Gojek menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman,” tambah Adwin.

MCN juga berterima kasih kepada pihak sponsor lainnya yakni Mercure Makassar Nexa yang telah menyiapkan ruang, sehingga beberapa rangkaian proses menuju MCN 415 Pesta Rakyat ini dapat terselenggara dengan lancar.

Sponsor lainnya seperti SOSRO, Bank Sulselbar, Nestle dan SRC Sampoerna yang kehadirannya ikut serta dalam mensukseskan event kuliner terbesar di Makassar ini.

Dukungan dari brand lokal Tadaku dan Berupako Store yang berkolaborasi menyiapkan merchandise – merchandise menarik, serta Garmel Goods, Three Little Birds dan Tiny Free Space yang turut memberikan fasilitas menarik bagi anak-anak dengan menyiapkan beberapa perlombaan aktivitas anak, sehingga membuat MCN menjadi event yang ramah dan nyaman bagi keluarga.

Tentunya dukungan media partner Prambors Makassar, I Radio Makassar, Madama Radio, kolaborasi dengan lokal food blogger Simestrisnea, Jajanan Mks, Ngemil Lucu, Makan2mks, Nganrenrongmks, Mksfoodbang, Kulinermakassar, Makassargoeat, dan Foodstudio_mks.

“Makassar Culinary Night 415 Pesta Rakyat juga membuka ruang untuk berbagai pihak dan
komunitas yang ingin berkolaborasi, Untuk pihak yang tertarik dapat langsung menghubungi kami melalui akun resmi MCN di instagram @mcn_makassar. Kami berharap MCN tahun
ini dapat menjadi wadah tidak hanya bagi UMKM lokal tapi masyarakat kota Makassar untuk bersama dapat menikmati kuliner sambil merayakan ulang tahun kota Makassar yang ke 415,” tutup Mistri. (Dani)

No More Posts Available.

No more pages to load.