Pelaku Usaha di Makassar Ikuti Bimtek Berbasis OSS, Digelar DPM PTSP

oleh

MAKASSAR,– Puluhan pelaku usaha dikumpulkan dalam kegiatan bimbingan teknis (bimtek) di hotel gammara, jalan metro tanjung bunga, Rabu (14/9/2022).

Mereka diberikan pemahaman tentang mekanisme perizinan terbaru berbasis sistem online single submission (OSS).

Kepala Dinas PM-PTSP Makassar, Andi Zulkifli Nanda mengatakan, ini bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Caranya dengan mendorong pelaku usaha mendaftarkan usahanya melalui OSS.

Dia menjelaskan legalitas dirasa penting agar bisnisnya bisa berkembang. Dibutuhkan untuk mengakses tambahan modal dan lainnya.

Adapun perubahan dalam sistem terbaru yaitu kemudahan dalam memperoleh izin. Pemohon tidak perlu lagi khawatir harus memulai dengan proses birokrasi yang panjang dan rumit untuk mendapatkan perizinan berusaha.

Hal itu karena dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi OSS.

“Kegiatan ini penting karena sosialisasi masyarakat agar paham apalagi khusus UMKM itu cepat tanpa biaya,” ujarnya.

Keunggulan lainnya, pengurusan bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Terlebih, sistem bisa diakses tanpa harus bertemu petugas sehingga akan menghemat biaya.

“Harapan kami mereka menyampaikan informasi ini kepada asosiasinya dan keluarganya ini dalam rangka peningkatan realisasi investasi,” jelasnya.

Zulkifli menambahkan, OSS itu membagi tingkat perizinan menjadi beberapa level yakni risiko rendah, risiko sedang atau menegah dan risiko tinggi. Dimana setiap level mempunyai syarat yang berbeda.

“Kalau banyak pelaku usaha tentu perekonomian akan meningkat karena memiliki legalitas itu kan jadi dasar utama untuk bagaimana usaha berkembang,” tutupnya.(DN)

No More Posts Available.

No more pages to load.