Malam Ini, Planet Saturnus Terlihat Jelas di Indonesia

oleh
Malam Ini, Planet Saturnus Terlihat Jelas di Indonesia

MACCA.NEWS- Fenomena planet Saturnus bisa diamati dari semua wilayah di Indonesia. Begitu pun tingkat kejelasan antara daerah satu dengan yang lain berbeda. Tergantung pada kondisi cuaca.

Fenomena luar angkasa selalu menjadi hal yang menarik untuk diamati. Apa lagi jika fenomena tersebut merupakan bagian dari pergerakan periodik benda-benda angkasa sehingga hanya bisa dilihat sekali dalam jangka waktu yang lama.

Fenomena yang diperkirakan terjadi pada malam ini, Selasa, 9 Juli 2019, planet Saturnus sedang menuju titik terdekat dengan Bumi. Jarak yang cukup dekat tersebut menyebabkan planet bercincin itu bisa dilihat langsung dari bumi bahkan dengan mata kepala telanjang.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional mengabarkan, fenomena itu bisa diamati dari Indonesia.

Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa selama beberapa hari terakhir ini Saturnus terlihat sangat terang dan bisa dilihat sesudah magrib.

“Ya. Dalam beberapa hari ini planet Saturnus terlihat paling terang,” kata Thomas, Selasa 9 Juli 2019. “Dengan mata biasa tampak sebagai bintang terang yang terbit sesudah magrib, tampak sampai menjelang matahari terbit. Dengan teleskop akan terlihat cincinnya.”

Kabar baiknya, fenomena mendekatnya planet Saturnus ini bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia dengan mata telanjang. Meski demikian, perlu diingat bahwa kemungkinan tingkat kejelasan akan berbeda dari satu daerah dibanding daerah lainnya. Hal ini akan tergantung pada kondisi cuaca.

Dilansir dari The Guardian, posisi terdekat planet lain ke Bumi disebut sebagai oposisi. Hal ini lantaran planet berada di bagian yang berlawanan dari langit dengan matahari.

Sedangkan dalam fenomena kali ini, oposisi Matahari, Bumi, dan Saturnus sejalan satu sama lain dengan posisi Bumi berada di tengah. Fenomena semacam ini bisa terjadi manakala kecepatan Bumi mengitari Saturnus lebih tinggi.

Selain Saturnus, ada satu lagi planet besar bahkan yang terbesar di Galaksi Bima Sakti, Jupiter, juga akan mendekat ke Bumi. Pada 10 Juli pukul 12.30 pagi waktu British Summer Time (BST) Jupiter akan berada di ketinggian yang sama dengan Saturnus namun lebih ke barat. (*)

The post Malam Ini, Planet Saturnus Terlihat Jelas di Indonesia appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.