Asisten II Buka Program Inovasi Desa

oleh
Asisten II Buka Program Inovasi Desa

MACCA.NEWS Sinjai – Asisten II Setdakab Sinjai, Dr. Hj. Nikmat B Situru, M.AP, membuka kegiatan program bursa inovasi  Kabupaten Sinjai Provinsin Sulawesi Selatan 2019 Region ll Kabupaten
Sinja, yang meliputi Kecamatan Sinjai Selatan, Kecamatan Tellulimpoe,Kecamatan Sinjai Borong,  bertempat digedung Pertemuan Serbaguna Desa Saotengah Kecamatan Tellulimpoe. Kamis(11/07).
Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Bahri menyampaikan bahwa kegiatan ini memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembagunan desa, dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif yang ada di desa-desa, menjaring inisiatif atau kegiatan pembaguna desa dan pemberdayaan masyarakat yang belum terdokumentasi, serta sebagai ruang konsultasi desa dalam pelaksanaan dukungan penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai yang diwakili oleh Hj. Sukmawati, menyampaikan program inovasi desa merupakan salah satu upayah Kementrian Desa PDT dalam mempercepat penaggulagan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana Desa secara lebih berkualitas dengan strategi pembagunan kapasitas Desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan,pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar,  serta infrastruktur Desa.
“Melalui program inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana Desa sebagai infestasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahtraa masyarakat”.
Dalam mensukseskan program inovasi desa maka salah satu kegiatannya adalah bursa inovasi desa yang merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa-desa. Bursa inovasi desa d maksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilihan solusi pagi penyelesaiyan masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.
Kami mengharapkan kepada para kepala Desa, BPD agar dapat mereplikasi bursa inovasi desa untuk di masukkan dalam APB desa tahun 2019.
Sementara itu, Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Kesra Dr. Hj. Nikmat B Situru, dalam sambutanya menyambut baik dan sangat mengapresiasi penyelenggaraan bursa inovasi desa ini, sebab kami meyakini bahwa melalui momentum bursa inovasi desa, potensi-potensi yang ada di Kabupaten Sinjai akan terekspos dengan baik terutama inovasi yang dilakukan ditingkat desa, dengan demikian banyak desa yang berinovasi maka semakin beragam pula potensi-potensi yang bisa dikembangkan didaerah kita menuju terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri berkeadilan dan religius melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing
“Untuk itu, Sangatlah tepat kiranya pada momen ini, dimana para pemangku kebijakan tingkat desa hadir di sini, dapat memanfaatkan wadah bursa inovasi desa sebagai langkah strategis untuk berinovasi di desa masing-masing saya mengharapkan para kepala desa untuk betul-betul dapat mencari contoh inovasi yang tepat untuk direplikasi”.
Saya minta kepada para kepala desa untuk secara bersungguh-sungguh mengawal proses pelaksanaan inovasi tersebut komitmen yang akan direplikasi agar kiranya segera ditindaklanjuti dengan langkah-langkah Administratif dan politis, yaitu dengan melalui proses perencanaan desa dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, BPD dan stakeholder lainnya.
Agar proses Replikasi inovasi  didesa ini dapat berjalan dengan baik maka saya meminta peran para camat untuk dapat mengawal proses ini didesa masing-masing begitu pula para perangkat daerah kabupaten Sinjai, untuk dapat membuka ruang diskusi dengan para kepala desa apabila  membutuhkan pertimbangan-pertimbangan terkait inovasi yang akan dilakukan saya juga berharap kepada seluruh pendamping desa untuk tetap bekerja secara optimal mendampingi desa dalam menjalankan replikasi inovasi nantinya, begitu pun dengan proses -proses lainnya sesuai tanggung jawab selaku pendamping desa
Saya berharap bursa inovasi desa ini, desa dengan sumber daya yang dimilikinya termasuk dengan kekuatan anggaran yang sudah ada kegiatan-kegiatan optimalisasi inovasi bisa dilaksanakan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk masyarakat Sinjai serta memajukan desa kita dan kabupaten Sinjai yang kita cintai bersama.
Kegiatan tersebut di hadiri oleh wakil ketua DPRD I,  camat tellulimpoe, para anggota tim inovasi kab, sinjai, para kepala desa, BPD, dan parah tokoh masyarakat, para pendamping desa P3MD kabupaten Sinjai, para Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).
(Rasyid)

The post Asisten II Buka Program Inovasi Desa appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.