3 Alternatif Pemindahan Ibu Kota, Begini Putusan Presiden Jokowi

oleh
oleh
3 Alternatif Pemindahan Ibu Kota, Begini Putusan Presiden Jokowi

MACCA.NEWS- Jakarta tak laik lagi sebagai ibu kota negara. Wacana pun sempat berkembang agar ibu kota negara dpindahkan ke luar Jawa. Ihwal pemindahan dari Jakarta itu pun kini muncul. Terdapat tiga solusi yang sempat diajukan kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Namun, akhirnya Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa.

Sedang tiga alternatif ditawarkan kepada Presiden Jokowi. Hal ini terungkap saat awal rapat tersebut. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjelaskan soal tiga alternatif pemindahan ibu kota tersebut

Pertama, Ibu Kota tetap di Jakarta tetapi daerah seputaran Istana dan Monas dibuat khusus untuk kantor-kantor pemerintahan, kementerian, dan lembaga. Sehingga seluruh kawasan pemerintahan berada di satu tempat dan itu menciptakan efisiensi di dalam tugas koordinasi pemerintah.

Alternatif kedua, pusat pemerintahan pindah ke luar Jakarta, tetapi masih dalam radius sekitar 50-70 km dari Jakarta.

Alternatif ketiga adalah memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa, khususnya mengarah kepada kawasan tmur Indonesia.

“Dalam rapat tadi diputuskan, Presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan Ibu Kota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini,” kata Bambang.

“Keputusan Jokowi itu diambil dengan mempertimbangkan agar Indonesia tidak Jawa sentris. Diharapkan nantinya pertumbuhan ekonomi bisa merata di setiap wilayah. Kendati demikian, pemerintah belum memutuskan daerah mana yang akan dipilih menjadi Ibu Kota baru,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, untuk memutuskan lokasi ini masih dibutuhkan pembahasan yang panjang. “Dan tentunya akan dilanjutkan dengan ratas berikutnya yang akan bicara lebih teknis, bicara design, dan bicara mengenai masterplan dari kota itu sendiri,” kata dia. (*)

The post 3 Alternatif Pemindahan Ibu Kota, Begini Putusan Presiden Jokowi appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.