Pekerjaan Akan Hilang, Sumarsono Nilai Perlu Perubahan Kurikulum

oleh
oleh
Pekerjaan Akan Hilang, Sumarsono Nilai Perlu Perubahan Kurikulum

MACCANEWS- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumarsono, meyakini beberapa waktu kedepan, akan ada lapangan pekerjaan yang hilang, karena dilakukan oleh mesin atau teknologi.

Beberapa bidang pekerjaan tersebut di antaranya pegawai administrasi, tenaga umum dan operator atau pekerjaan yang bisa diambilalih oleh sistem komputerisasi.

Untuk mengantisipasi hal itu, perguruan tinggi dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan yang ada, adaktif serta mampu melakukan inovasi.

Cara yang dapat ditempuh adalah, melakukan perubahan kurikulum pendidikan yang bisa mengantisipasi kebutuhan kira-kira 10 hingga 20 tahun ke depan. Sehingga lulusan tersebut akan terserap ke pasar yang dibutuhkan.

Ia memprediksi bahwa kebutuhkan tenaga kerja semuanya akan bersinggungan dengan informasi teknologi (IT)

“Saya tidak bisa bayangkan tidak berbasis teknologi karena itu kampus saat ini harus mempersiapkan diri,” paparnya, ucapnya, Kamis (2/8/2018).

“Kita sudah masuk industri 4.0, apabila betul-betul masuk kampus perguruan tinggi yang tidak memiliki antisipasi, akan memiliki dampak yang fatal, pengangguran di mana-mana,” lanjutnya.

Dia menambahkan, revolusi industri tahap empat atau era industri 4.0 (four point zero) ditandai dengan berbagai teknologi yang mengabungkan dunia fisik, digital dan biologis. Hal itu mempengaruhi semua disiplin ilmu, kehidupan, perekonomian, aktifitas industri dan kapasitas tenaga kerja.

“Tenaga kerja itu akan hilang. Kalau ilmu kita di kampus-kampus tidak diajarkan pendidikan inovasi 4.0, maka ini lulusan kampus tidak akan mampu bisa terserap oleh dunia tenaga kerja,” sebutnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.