Pemprov Sulsel Segera Kirim Bantuan untuk Korban Gempa NTB

oleh
oleh
Pemprov Sulsel Segera Kirim Bantuan untuk Korban Gempa NTB

MACCANEWS-  Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono turut berduka atas Gempa bumi yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/7/2018), terlebih satu dari 16 korban yang meninggal dunia akhir gempa berkekuatan 6,4 skala richter adalah warga Sulsel.

Sumarsono mengatakan, pihaknya siap memberikan bantuan kepada korban gempa bumi di NTB. Hanya saja, untuk penyalurannya masih menunggu koordinasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sementara waktu kita masih berkoordinasi, jadi sifatnya bantuan antara pemerintah, kalau bantuan antar Pemda dilakukan oleh BNPB, kita tunggu sinyal koordinasi dari BNPB. Selama BPBD setempat masih bisa menangani,” kata Sumarsono.

Sembari menunggu koordinasi, Sumarsono mempersilahkan masayrakat untuk memberikan bantuan secara individual.

Sumarsono yang juga Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri ini menyebutkan, sejauh ini Pemprov NTB masih bisa menangani masalah korban dan pengungsi gempa. Apalagi pemerintah pusat, termasuk Presiden Joko Widodo sudah turun langsung memimpin penanganan bencana.

“Bantuan Presiden juga sudah masuk. Kalau kita langsung masuk itu akan melipah itu bahaya, satu kalau itu berupa makan akan busuk kalau barang bisa salah sasaran,” sebutnya.

Pemprov Sulsel siaga kapan saja untuk mengirimkan bantuan, sama ketika terjadi bencana lainnya seperti tsunami di Aceh.

Data dari BNPB korban meninggal dunia akibat gempa bumi yang mengguncang Nusa Tenggara Barat berjumlah 16 orang. Selain korban meninggal, 355 warga juga menderita luka-luka pasca gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang terjadi pada Minggu,29 Juli 2018. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.