Sebagian Bangunan Lapas Bulukumba Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

oleh
Sebagian Bangunan Lapas Bulukumba Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

MACCANEWS.- Senin (14/5) sekira pukul 10.00 Wita, tiba tiba angin puting beliung menerjang wilayah desa Taccorong Kecamatan Gantarang, dan tidak lama kemudian disusul dengan hujan yang cukup deras, akibatnya sejumlah bangunan di Lapas Kelas II A Bulukumba porak poranda, bahkan selasar sepanjang lebih 10 meter roboh akibat puting beliung.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik / Humas Lapas Kelas II A Bulukumba H.Mappasomba kepada media ini, Senin (14/5) menjelaskan, sebelum turun hujan, sekitar pukul 10.00 wita, tiba tiba muncul puting beliung dan langsung merobohkan bangunan selasar hingga rata dengan tanah.

Selain itu puting beliung juga menerbangkan atap beberapa bangunan, termasuk ruang Narapinada di blok C dan D, demikian juga dengan ruang kantor dan Bimker, banyak atap.ya yang terbang.

” Beruntung pada saat kejadian, Narapidana yang sedang berteduh di selasar, tidak terluka. Padahal selasar yang mereka tempati berteduh roboh akibat puting beliung. Jadi setelah selasar roboh, satu persatu Napi keluar daru reruntuhan selasar dengan cara merangkak,” papar H.Mappasomba sambil menambahkan, meskipun puluhan Napi terperangkap pada selasar yang roboh, tak satupun yang mengalamo cedera.

Dijelaskan, dari 347 warga binaan Lapas Kelas IIA Bulukumba, semuanya selamat. Padahal kata Mappasomba, saat kejadian, para Napi sedang beraktivitas di luar ruang tahanan. ” Begitu puting beliung menerjang sejumlah atap bangunan, para Napi berlarian mencari tempat yang lebih aman, termasuk sejumlah Pegawai Lapas ikut mencari perlindungan di bangunan yang aman dan beruntung saat kejadian listrik padam,” jelasnya.

Untuk sementara, pihak Lapas Kelas IIA Bulukumba berupaya memasang kembali seng pada bangunan atau ruang tahanan Napi, agar para Napi tidak kehujanan. ” Insya Allah langkah awal, kita berusaha menutup kembali seng yang diterbangkan angin,” terangnya.

Dilaporkan pula, selain Lapas Kelas IIA Bulukumba yang porak poranda akibat diterjang angin puting beliung, juga rumah Abd.Kadir , salah seorang pegawai Lapas Kelas II A yang berada di depan kantor Lapas juga porak poranda.

Hingga berita ini dibuat, belum ada konfirmasi mengenai jumlah kerugian akibat angin puting beliung tersebut. – Edy .-