Berkendara Jauh di Akhir Pekan Sebaiknya Lakukan 3 Hal Ini

oleh
Berkendara Jauh di Akhir Pekan Sebaiknya Lakukan 3 Hal Ini

MACCANEWS- Berkendara jauh adalah salah satu hal yang dinanti oleh keluarga ketika hari libur tiba.

Namun sayangnya,  banyak hal-hal kecil yang sering kali diabaikan oleh pengendara sebelum melakukan perjalanan panjang maupun dekat.

“Sebaiknya, sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda dapat melakukan pengecekan kecil terhadap mobil atau motor yang ingin digunakan,” ujar Nuri Salmun, pengamat otomotif.

Pemeriksaan itu sendiri dapat dilakukan di rumah ataupun dengan cara dibawa ke bengkel terdekat.

Lakukan dari yang paling dasar yaitu memeriksa oli mesin, radiator, dan ban.

 Pertama oli mesin. Hal ini sebaiknya dilakukan pengecekan supaya dapat diketahui masih cukupkah oli yang berada di dalam mesin tersebut. Karena tidak baik jika oli kurang dari batas minimal yang ada di “oil stick” dapat berdampak buruk terhadap mesin.

Kedua adalah radiator. Ini adalah tempat penyimpanan air untuk mesin, karena jika air di dalam radiator tidak sesuai dengan batas minimal tabung radiator dapat membuat mesin kendaraan menjadi panas “over heat”.

“Dan sebaiknya dilakukan ketika kondisi mesin sedang dingin tidak boleh saat mesin habis digunakan,” tambah mantan pereli wisata senior itu.

Ketiga pengecekan ban. Pemeriksaan ini harus dilakukan secara rutin karena bahaya sekali jika di lewatkan.

Banyak sekali kecelakaan yang berawal dari kelalaian pengendara yang menyepelekan hal-hal kecil seperti pemeriksaan ban.

Selamat berakhir pekan dan tetap waspada di perjalanan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.