Sebanyak 250 SD & SMP Akan Gunakan Solar Panel Surya Sebagai Tenaga Listrik

oleh

MAKASSAR,- Pemeirntah Kota (Pemkot) Makassar akan menggunakan solar panel surya sebagai tenaga listrik di 250 SD hingga SMP di kota Makassar.

“Sekolah -sekolah kita akan pakai solar. malam kita pakai untuk lampu jalan. Lampu jalan kita hemat, sekolah kita hemat,” Kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Senin (10/6/2024).

Penerapan ini mengingat pengalaman kemarau panjang yang melanda di tahun 2023 lalu. Yang mengakibatkan proses belajar mengajar sedikit terhambat karena pemadaman listrik.

“Apalagi kita punya smartboard fasilitas smartclass, kalau tekanan listriknya naik turun maka ada banyak saranan yang mahal dimiliki sekolah-sekolah. Maka saya putuskan walaupun belum semua sekolah, tapi 250 sekolah SD-SMP kita akan ganti dengan energi matahari semua,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya.

Danny mengungkapkan bahwa ini juga sebagai bentuk penerapan Low Carbon City. Sehingga kota Makassar dapat beradaptasi dengan hal terdebut.

“Ini adalah sebuah cara baru, kita ingin kota kita Low Carbon, kita ingin kota kita berdaya tahan. Karena ini adalah cara baru makanya kita harus beradaptasi,” ucapnya.

Oleh karena itu, Danny meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) kota Makassar untuk melakukan training ke 250 sekolah yang sudah dipilih untuk penerapan Solar Panel.

“Kebijakan saya untuk penghematan adalah khusus siang hari kita pakai energi matahari, kelebihan malam hari kita pakai untuk lampu jalan. Makanya sistem pemeliharaan, pengelolaan harus betul-betul menjadi keseharian kita yang baru,” imbuhnya.(dn)

No More Posts Available.

No more pages to load.