Diskominfo Makassar Beri Pelatihan Komunikasi dan Informasi untuk KIM Manggala

oleh

MAKASSAR,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar memberi pelatihan dan pembinaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Manggala, Sabtu, 8 Juni 2024.

Pembinaan ini berupa pelatihan reportase atau membuat berita, fotografi, videografi, pengelolaan konten dan desain grafis.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Dinas Komunikasi dan Informatika Makassar, Isnaniah Nurdin mengatakan program ini bertujuan membantu mempromosikan potensi dan melaporkan permasalahan yang ada di kelurahannya.

Apalagi, kata dia, seperti potensi Lorong Wisata, mesti dipublikasikan sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat dan menumbuhkan pemberdayaan di lorong-lorong.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Manggala itu dihadiri puluhan peserta. Para peserta juga aktif dan secara langsung mempraktekkan apa yang disampaikan pemateri.

Isnaniah menjelaskan, dengan pembinaan KIM ini diharapkan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

“Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, KIM diharapkan bisa mengangkat profil lorong-lorong di Kelurahan Manggala ke khalayak yang lebih luas,” kata Innang, sapaan akrabnya di sela-sela acara.

Selanjutnya, para anggota KIM akan berperan dalam mengumpulkan, mengelola, dan menyebarkan informasi terkait potensi masing-masing kelurahan.

Misalnya, berupa kuliner khas, hasil kerajinan atau pertanian, serta produk unggulan lainnya yang memiliki nilai ekonomi.

Salah satu peserta Pembinaan KIM, Wahidah, mengaku bersyukur dengan adanya pelatihan ini. Ia berharap pembinaan seperti ini dapat terus berlanjut.

Senada, peserta lainnya, Risky mengungkapkan bahwa dirinya senang terhadap kegiatan ini. Dengan program ini, dirinya mengaku mendapat banyak ilmu mengenai pengambilan video dan editing video.

“Saya berharap ada pembinaan-pembinaan lagi kedepannya agar skil videografi yang dimiliki semakin terasah,” pesannya.

Berikutnya pembentukan dan pelatihan KIM akan dilakukan di semua kecamatan juga kelurahan di Makassar. (dn)

No More Posts Available.

No more pages to load.