Pemkot Makassar Siapkan Rp200 Miliar APBD Perubahan 2024 untuk Beli Panel Surya

oleh

MAKASSAR – Pemerintah kota (Pemkot) Makassar menyiapkan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk pembangunan panel surya.

Anggaran tersebut dipergunakan untul pengadaan panel surya di sekolah dan gedung perkantoran mulai dari kecamatan hingga ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, anggaran tersebut akan dialokasikan pada APBD Perubahan 2024 mendatang.

“Nantinya seluruh sekolah yang ada di Makassar akan dipasangi panel surya. Kan sudah ada dipasag di SMP 6,” ujar Danny Pomanto, Senin (13/5/2024).

Danny Pomanto menjelaskan, anggaran tersebut disiapkan oleh pengadaan panel surya ini diambil dari alokasi dana untuk Makassar City Core Arena (Macca) yang tidak jadi direalisasikan tahun ini.

SMPN 6 Makassar menjadi sekolah yang diuji coba untuk menerapkan program tersebut. Satu unit panel surya berdaya 5000 watt telah dipasang di salah satu sekolah unggulan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar Muhyidin memyatakan jika pihaknya sudah melakukan survei ke sekolah-sekolah untuk mendorong penggunaan panel surya atau pembangkit listrik tenaga matahari ini.

Dirinya mengungkapkan alasan memilih sekolah SMPN 6 untuk uji coba program tersebut karena pertimbangan sekolah itu ‘smart class’, banyak komputer dan peralatan elektronik lain penunjang pembelajaran.

“Karena itu, selain untuk mendorong rendah karbon, penggunaan panel surya juga bakal lebih murah dan efisien,” pungkas Muhyiddin.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.