Kembangkan Kinerja Bisnis, Peserta Eksposure UMKM Batch 6 Belajar Pengelolaan SDM

oleh
oleh

MAKASSAR – Manajemen SDM merupakan disiplin ilmu yang menekankan pengelolaan kerja dalam suatu usaha. Bagi UMKM, hal ini menjadi hal penting dalam mendorong keberlanjutan usaha.

Pertemuan keempat Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 6, peserta diajak untuk memahami pentingnya manajemen SDM yang efektif.

Mentor Khairul Umam mengatakan, menjalankan bisnis dengan memahami dan menetapkan strategi pengelolaan SDM yang baik menjadi pendorong kesuksesan suatu usaha.

“SDM atau karyawan juga menjadi kesuksesan bisnis yang kita jalankan. Jadi penting bagi pelaku UMKM menjalankan bisnisnya lebih terstruktur, menerapkan sistem, membuat SOP karyawan, dan struktur organisasi yang jelas pembagian kerjanya,” tuturnya saat membawakan materi di Inkubator UKM Kota Makassar, Senin (6/11/2023).

“Meskipun belum ada karyawan tetap, tetap harus membuat struktur organisasi, SOP dan sistem kerjanya, itu penting.” jelas Khairul Umam yang juga merupakan Manager Inkubator UKM.

Peserta dari UMKM Nir Food Kelurahan Kalukuang, Nirwana menturkan bahwa terdapat banyak pengetahuan baru yang ia dapatkan dalam pembahasan mengelola SDM.

“Yang bisa saya pelajari dari materi manajemen sumber daya manusia yaitu rekrutmen karyawan baru dengan cara seperti seleksi, wawancara, dan sebagainya bertujuan agar suatu kebutuhan dalam usaha tersebut dapat terpenuhi, kemudian penilaian kinerja karyasan berdasarnya kriteria yang ditetapkan. Karyawan dibantu meningkatkan keterampilan mereka, lalu menerapkan kebijakan dan prosedur yang terkait dengan pengelolaan SDM kemudian memastikan mereka mematuhi peraturan ketenaga kerjaan yg berlaku seperi hak dan perlindungan terhadap diskriminasi,” tuturnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.