5 IPA PDAM Makassar Kembali Produksi, Suplai Air Bersih Berangsur Normal

oleh

MAKASSAR – PDAM Makassar mengungkap 5 Instalasi Pengolahan Air (IPA) sudah kembali berproduksi. Hal ini membuat suplai air bersih ke rumah warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berangsur normal.
“Alhamdulillah, 5 IPA sudah beroperasi, dari sebelumnya 3 IPA yang tidak beroperasi saat ini sudah beroperasi,” kata Direktur Utama PDAM Makassar Beni Iskandar, Minggu (5/11/2023).

Beni mengatakan meskipun seluruh IPA sudah kembali berproduksi, tetapi belum sepenuhnya optimal karena total dissolved solid (TDS) belum stabil. Pihaknya pun masih terus memantau operasional 5 IPA tersebut.

“Karena TDS nya masih naik turun, kadang-kadang di atas 500. Kalau air pasang, biasanya naik turun ke 500, kalau lebih dari 500 klorida kita berhenti dulu. Tapi biasanya kalau subuh pasang turun, (kita) jalankan lagi,” jelasnya.

Kendati demikian, Beni menerangkan suplai air bersih ke rumah warga sudah mulai berangsur normal. Hanya saja untuk daerah Utara Makassar yakni Ujung Tanah, Tallo, dan Wajo belum bisa maksimal alirannya.

“Hingga utara kota belum bisa maksimal tekanannya,” sebutnya.

Beni menambahkan, pihaknya akan melakukan uji coba untuk mengoptimalkan dua pompa air yang pernah dipasang. Uji coba ini untuk mengoptimalkan dorongan air bisa sampai ke bagian utara kota.

“(Pemasangan) Di atas jembatan Pannampu dan di Camba Berua. Ada dua kita pasang tahun lalu. Cuma bersamaan dengan kemarau jadi belum bisa kita optimal,” ungkapnya.

Dia berharap ke depan akan kembali hujan. Tujuannya agar distribusi air lancar dan uji coba pompa bisa segera dilakukan.

“Sudah normal kita langsung uji coba,” cetusnya.

Untuk diketahui, sebelumnya dari 5 IPA yang dikelola PDAM Makassar hanya 4 IPA yang beroperasi. Sementara IPA 3 Antang belum memproduksi air bersih yang membuat suplai air di Kecamatan Manggala terganggu.

“IPA 3 Antang belum berproduksi karena kualitas air baku dari Moncongloe belum memenuhi syarat untuk produksi,” tulis PDAM Makassar, Sabtu (4/11).

PDAM Makassar menyebut IPA 1 Ratulangi dan IPA 5 Somba Opu dalam kondisi normal. Sementara IPA 2 Panaikang dan IPA 4 Maccini Sombala pun demikian.

“IPA 2 Panaikang dan IPA 4 Maccini Sombala mulai berproduksi kembali secara bertahap dengan tetap dipantau kuantitas dan kualitas air baku,” tambah PDAM Makassar.

No More Posts Available.

No more pages to load.