Dinkes Makassar: Jangan Takut, Tuberkolosis Bisa Sembuh dan Gratis

oleh

MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar meminta warga penderita tuberkolosis (TBC) atau TB memanfaatkan layanan gratis.

Bagi yang ingin melakukan pemeriksaan dan pengobatan, masyarakat bisa mengunjungi puskesmas dan rumah sakit yang tersedia.

Seperti disampaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Makassar, Andi Mariani, saat pelatihan peer support di four points by sheraton hotel.

“TB kesempatan sembuhnya besar apalagi rutin berobat, kecuali mangkir dan tidak selesai pengobatan. Berbeda dengan HIV tidak bisa sembuh sehingga pengobatan bisa sampai seumur hidup,” katanya, Jumat (3/11/2023).

Dia menekankan pentingnya mengetahui gejala penyakit tersebut. Sehingga ketika mempunyai gejala yang dirasakan, bisa segera melakukan screening.

Mariani juga memastikan penyakit TB dapat disembuhkan. Kunci keberhasilan yaitu kepatuhan menjalani pengobatan secara teratur selama enam bulan.

“Jadi tidak perlu takut, karena tidak akan dibebani biaya atau gratis. Cara menurunkan kasus TB yaitu dengan menyembuhkan semua kasus TB sehingga mata rantai penularan dapat diputuskan,” ungkap dr Nani, sapaan akrab Mariani.

No More Posts Available.

No more pages to load.