BPBD Makassar: Oktober Puncak Kemarau

oleh

MAKASSAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkap puncak musim kemarau terjadi pada Oktober ini. BPBD menyebut sejauh ini belum ada kemungkinan hujan akan turun.

“Secara umum Indonesia itu bulan Oktober adalah puncaknya musim kemarau. Namun kita terus mengantisipasi hal-hal kemungkinan potensi yang akan terjadi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin dilansir dari detikSulsel, Sabtu 28 Oktober 2023.

Hendra mengatakan hujan diprakirakan belum turun bulan ini. Meski begitu, dia menyebut BMKG juga tidak bisa memastikan, karena cuaca sewaktu-waktu bisa berubah.

“Kalau dilihat dari prakiraan cuaca belum yah, namun kan namanya cuaca jadi bisa berubah. Namun perkiraan secara saintifik itu belum bisa dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hendra menyebut awan hujan diprakirakan muncul pada dasarian kedua November nanti. Sehingga, upaya membuat hujan buatan juga baru bisa dilakukan pada waktu itu.

“Pada saat ini hasil koordinasi kami dengan BPBD Provinsi, BPBD Provinsi senantiasa juga berkoordinasi dengan BMKG melihat kondisi saat ini Kota Makassar atau Sulawesi Selatan, memang bibit awannya belum ada,” terang Hendra.

“Dari hasil prediksi BMKG baru saja kami terima Sabtu kemarin, bahwa perkiraan cuaca awan musim hujan itu dimulai di dasarian kedua bulan November, jadi mungkin di sekitar situ namanya perkiraan. Baru bisa kita lakukan,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.