Dosen UNM Latih Siswa dan Guru SMA Negeri 1 Campalagian Olah Kelapa Menjadi VCO dan Sabun VCO

oleh

POLEWALI MANDAR – Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan mengolah Kelapa menjadi minyak murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dan sabun VCO.

Pelatihan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Daerah Campalagian memiliki produksi kelapa pada tahun 2010 mencapai 21.075,71 ton dengan areal tanaman kelapa terluas pada daerah Campalagian, Tapango dan Mapilli. Daerah Campalagian memiliki luas areal tanaman kelapa sebesar 5.363 ha.

Pelatihan ini diprakarsai oleh Dosen Universitas Negeri Makassar dari Jurusan Biologi yaitu Ketua Tim Prof. Hartati, S.Si., M.Si., Ph.D. di damping oleh anggota Tim Dra. Sumiati Side., M.Si., Prof. Ir. Hj. Halifah Pagarra, Ph.D. dan Sahribulan, S.Si.,M.Si.

Acara ini dibuka oleh Dekan FMIPA UNM Prof. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. dibawah koordinasi Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT, IPU.

Dalam sambutannya, Prof. Suwardi Annas berharap bahwa kegiatan ini dapat memberi kebermanfaatan kepada mitra Guru dan Siswa SMAN 1 Campalagian yaitu dapat mengolah kelapa yang merupakan komoditas yang melimpah di daerah tersebut menjadi olahan minyak kelapa murni/ Virgin coconut oil (VCO) dan produk berbasis VCO (sabun).

Senada dengan Dekan FMIPA UNM, Ketua Tim Pelatihan Prof. Hartati menyampaikan bahwa kegiatan pengolahan minyak murni kepada siswa dan guru bertujuan untuk menambah wawasan keilmuan kepada peserta sehingga peserta mampu memiliki daya mandıri berwirausaha.

“Virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak kelapa murni yang terbuat dari daging kelapa segar yang diolah dalam suhu rendah atau tanpa pemanasan, sehingga kandungan yang penting seperti Asam Laurat dalam minyak tetap dapat dipertahankan. Dengan kandungan tersebut, maka kami dari tim pelatihan FMIPA UNM memberikan pendampingan pelatihan kepada masyarakat Campalagian sehinga mereka memiliki motivasi dan semangat dalam mengembangkan usaha mandiri” tutup Prof. Hartati.

Salah satu Guru SMA Campalagian, Nurmiaty, S.Pd menyambut baik dengan hadirnya pendampingan pelatihan ini.

“Program ini sangat membantu kami memberikan pengetahuan dalam pengolahan sabun dan mengolah kelapa menjadi minyak murni VCO karena ditempat kami banyak sekali pohon kelapa yang bisa diolah sehingga masyarakat Campalagian dapat mandiri dalam berusaha” ujar Nurmiaty.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama oleh tim Dosen UNM dan peserta pelatihan.

No More Posts Available.

No more pages to load.