Tingkatkan Kualitas Layanan UMKM Lewat Materi Service Excellent

oleh

MAKASSAR – Menjalankan bisnis bukan sekadar memasarkan dan menjual produk/jasa, di luar dari itu banyak hal yang mesti diperhatikan seperti menjaga pelanggan tetap setia membeli produk yang dijual.

Bagi pemilik bisnis, khususnya UMKM, memastikan kepuasan konsumen melalui kualitas pelayanan yang baik merupakan hal yang mesti diperhatikan setiap pelaku usaha.

Melalui pertemuan terakhir Eksposure UMKM dan Bisnis Digital Batch 5, mentor kegiatan menjelaskan pentingnya menjaga layanan usaha dalam materi service excellent. Mentor Khairul Umam mengungkapkan, menjaga kualitas layanan terhadap customer juga menjadi kunci kesuksesan suatu usaha.

“Karena pelayanan konsumen yang optimal adalah kunci kesuksesan bisnis. Bagaimana kita tidak melihat Konsumen bukan sekadar pembeli saja,” ungkapnya di hadapan peserta kegiatan yang berlangsung di Inkubator UKM Kota Makassar. Selasa,(17/10/2023).

“Bagaimana memenuhi standar kualitas yang sesuai harapan dan kepuasan pelanggan, karena jangan sampai komplain terus berulang tanpa mengevaluasi SOP atau karwayan. Dengan memperhatikan hal tersebut, itu bisa menjadi pembeda dengan kompetitor lainnya,” lanjutnya.

Andriana, peserta dari UMKM Donat Kribo Kelurahan Karuwisi mengatakan, seteleh mengikuti materi tersebut dirinya akan menata ulang bisnisnya agar bisnisnya dengan menerapakan ilmu yang telah diterima.

“Bagus sekali, saya mengatur ulang rencana agar lebih terarah. Insyaallah akan saya terapkan mulai dari sekarang,” ucapnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.