DPP Perpamsi Gelar Workshop Pengelolaan Air Limbah, Beni: PDAM Makassar Siap Kelola IPAL Losari

oleh

MAKASSAR – Berbagai Perusahaan Air Minum (BUMD) terus mempersiapkan diri menatap kemungkinan pengelolaan air limbah domestik. Hal ini karena memang perusahaan tersebut menjadi salah satu instansi yang memungkinkan secara kelembagaan untuk diberikan wewenang dalam pengelolaan air limbah domestik serta menjadi opsi utama dengan berbagai pertimbangan.

Dalam rangka persiapan pengelolaan air limbah oleh BUMD Air Minum, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) menggelar Workshop “Penyiapan Pengelolaan Air Limbah Domestik Bagi BUMD Air Minum” di Hotel Arthama Makassar, hari ini Rabu (11/10/2023).

Bertindak sebagai tuan rumah yang ditunjuk oleh Perpamsi, Direktur Utama Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Beni Iskandar dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh Direktur PDAM Se-Indonesia yang hadir sekaligus menyampaikan kesiapan Perumda Air Minum Kota Makassar untuk mengelola IPAL Losari.

“Kami berharap kegiatan di kegiatan seperti ini, kita bisa sharing pendapat, apalagi November mendatang kami akan diberikan pengelolaan IPAL Losari oleh Pemerintah Kota Makassar dan kami siap menerima amanah tersebut. Kami juga memberikan apresiasi kepada Iuwash Tangguh selama hampir setahun ini memberikan pendampingan dan pengetahuan tentang pengelolaan air limbah kedepannya,” ucap Beni.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kemitraan Air Limbah Perpamsi, Sonny Salimi dalam sambutannya menyampaikan besarnya tantangan mengelola air limbah.

“Investasi di air limbah sangat mahal dibanding air minum tetapi tantangan terhadap pengelolaan air limbah ini harus menjadi prioritas. Jadi pemikiran-pemikiran untuk mengintegrasikan air limbah memang tidak bisa ditunda-tunda lagi,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PDAM Kota Bandung.

Hadir mewakili Wali Kota Makassar, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Andi Irwan Bangsawan dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Perpamsi karena telah mempercayakan Makassar sebagai penyelenggara Workshop.

“Makassar insyaallah November tahun ini akan mengelola IPAL Losari, maka sudah sangat tepat workshop dilaksanakan di Makassar, karena kita akan berdiskusi dan ilmu-ilmu dari kota yang sebelumnya telah mengelola air limbah domestik dapat kita serap,” tutupnya.

Peserta workshop yang hadir merupakan para Direktur BUMD Air Minum se-Indonesia yang telah dan sedang mempersiapkan pengelolaan air limbah domestik di wilayah masing-masing.

No More Posts Available.

No more pages to load.