Ratusan Satpol PP Lakukan Pengamanan sekaligus Tampil di Karnaval Budaya HUT ke-416 Makassar

oleh

MAKASSAR—Ratusan Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) turut sukseskan dan lakukan pengamanan di Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar. Selain itu, Personil Satpol PP juga meriahkan Karnaval Budaya, Kamis (02/10/2023).

Menurut Ikhsan NS, S.Sos, MM, selaku Kasatpol PP, ratusan personil termasuk Kabid, Kasi, Danton/Wadanton, Danru, BKO Kecamatan, staf serta anggota turun sesuai Surat Perintah (SP) yang dikeluarkan untuk mengamankan jalannya kegiatan.

“Jadi, seluruh personil di sebar sesuai titik masing – masing sepanjang jalur kegiatan rangkaian HUT Kota Makassar. “Ini dilakukan agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kendala sesuai harapan,” ucap Ikhsan.

Untuk diketahui, sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar menyiapkan sejumlah kegiatan termasuk karnaval budaya yang akan menghadirkan ribuan remaja untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-416 Kota Makassar, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Jadi, nanti dia (peserta) akan buat satu saja gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval. Tetapi posisinya rapat begitu,” ujar Wali Kota Makassar Ir. Moh. Ramdhan Pomanto.

Menurut pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini, milad atau hari jadi Kota Makassar tahun ini akan dibuat berbeda dari tahun sebelumnya.

Ia menginginkan karnaval budaya itu dikemas seperti festival Awa Odori di Jepang.

Oleh karena itu, setiap kelurahan dari total 153 kelurahan di Kota Makassar menyiapkan 50 orang remaja atau pemuda yang cakap budaya, sehingga bila di total ada sekitar 7.000-an peserta dengan mengenakan pakaian adat. Peserta nantinya akan dilatih oleh seniman atau guru seni sebelum pertunjukan untuk tampil dalam even tahunan tersebut

Lihat Juga:  Dinas Pertanahan Makassar Terus Sukseskan Program Ojol Day

Selain remaja, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wanita yang dijuluki Srikandi akan ikut menyemarakkan karnaval. Mereka akan menggunakan pakaian adat dari Tana Toraja. Sejumlah komunitas juga ambil bagian, termasuk penyandang disabilitas.

Perayaan HUT Kota Makassar jatuh pada tanggal 09 November, namun tahun ini dimajukan pada 2 November 2023 agar Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi dapat menghadiri acara dan menyampaikan perpisahan setelah mengundurkan diri dan menyatakan maju Calon Legislatif (Caleg) DPR RI 2024. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.