Kasatpol PP Makassar Perkenalkan Aplikasi “Erojama”, Begini Fungsinya!

oleh

MAKASSAR—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar memperkenalkan aplikasi Elektronik Reefort Jaga Makassar atau disingkat EROJAMA. Aplikasi di perkenalkan kepada peserta Sosialisasi Kewaspadaan Dini Potensi Konflik, di Hotel Karebosi Premier, Kota Makassar, Kamis (14/09/2023).

Aplikasi aduan masyarakat berbasis web tersebut, menjadi wadah atau instrumen masyarakat dalam menyampaikan aduan sekiranya terdapat potensi ataupun gangguan keamanan, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat terutama dalam hal pelanggaran Perda dan Perkada dalam wilayah Kota Makassar.

Kasatpol PP Kota Makassar Ikhsan NS menjelaskan, di setiap daerah penting untuk selalu menciptakan dan mengembangkan kewaspadaan dini karena potensi kemungkinan timbulnya gangguan keamanan.

Mengingat Kota Makassar merupakan salah satu kota terbesar di luar pulau jawa sebagai gerbang Indonesia bagian timur. “Kompleksitas dan plural kehidupan masyarakat dapat dilihat kesehariannya karena posisi Makassar sebagai kota pusat pendidikan, pusat pemerintahan dan sebagai kota niaga atau jasa,” ujarnya.

Hal tersebut terkadang memunculkan benturan kepentingan ekonomi, politik, sosial, agama, etnis dan ideologi. Sehingga, kewaspadaan dini sangatlah penting untuk mengantisipasi secara dini kemungkinan adanya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (HTAG) dalam kehidupan masyarakat.

Ikhsan NS mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyegaran kepada peserta agar dapat lebih berperan aktif terhadap pencegahan potensi konflik yang bisa saja terjadi di lingkungan masing – masing.

Kewaspadaan terhadap gangguan ketenteraman dan ketertiban umum harus terus ditingkatkan agar terus tercipta suasana aman, tenteram, nyaman dan damai di semua wilayah di Kota Makassar.

“Untuk itu kami harap, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh untuk selanjutnya dapat di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Mengingat urusan keamanan dan ketertiban bukan hanya semata mata tugas TNI/ Polri tapi juga perangkat Pemerintahan dan Masyarakat harus berperan aktif untuk menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban wilayah kita terutama dalam hal pencegahan dini,” jelas Kasatpol PP Makassar.

Diketahui yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kasatpol PP Makassar Ikhsan NS, Panitia pelaksana yang juga Kabid Binmas Satpol PP Makassar Ihsan Samad, didampingi Firman Ibrahim, S.STP.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh lurah Se-Kota Makassar dan hadir sebagai Narasumber yakni Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Wakasat Intelkam Kompol Sri Darwati Azis dan Kepala Kesbangpol Kota Makassar Drs. Zainal Abidin, serta Konsultan Aplikasi Elektronik Reeport Jaga Makassar. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.