Hari Otda, Mendagri Beri Penghargaan ke Pemkot Makassar

oleh
oleh

Makassar,- Pemerintah Kota Makassar meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai salah satu pemerintah daerah berprestasi dengan status kinerja tertinggi.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota Makassar Danny Pomanto, pada upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Selain Kota Makassar, ada 9 pemerintah kota lain yang turut memperoleh penghargaan. Di samping itu, juga ada 10 pemerintah kabupaten dan 3 provinsi.

Mendagri Tito menyampaikan ucapan selamat dan memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih penghargaan sebagai penyelenggara pemerintahan terbaik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada penerima penghargaan. Mudah-mudahan akan memotivasi semangat kita untuk terus dapat melaksanakan tugas sesuai sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada,” kata Tito, Sabtu.

 

1. Penghargaan berdasarkan penyelenggaraan pemerintahan daerah

Torehan penghargaan yang diraih Kota Makassar didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2022. Pada hasil evaluasi ini, Kota Makassar memperoleh skor 3,348.

Sementara, bagi pemerintah daerah yang belum berhasil memperoleh penghargaan, Tito berharap peringatan hari otonomi daerah ini bisa dijadikan momentum untuk introspeksi dan kontemplasi untuk bekerja lebih baik dan berprestasi, serta mampu mandiri secara fiskal.

“Karena ujung dari otonomi daerah adalah kemandirian fiskal yang ditandai dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang lebih banyak dari transafer pusat. Daerah bisa membiayai diri sendiri tanpa harus bergantung dengan pemerintah pusat,” Tito menerangkan.

2. Daftar daerah penerima penghargaan dari Kemendagri

Ada 10 pemerintah kota menerima penghargaan penyelenggaraan pemerintahan terbaik pada peringatah Hari Otda ke-27. Daerah tersebut, masing-masing, Semarang, Surabaya, Surakarta, Bogor, Denpasar, Makassar, Serang, Tangerang, Medan, dan Pare-Pare.

Sepuluh 10 pemerintah kabupaten turut menerima penghargaan serupa, yakniBanyuwangi, Sumedang, Badung, Karanganyar, Sidoarjo, Kulon Progo, Wonogiri, Hulu Sungai Selatan, Konawe, dan Bojonegoro. Kemudian tiga provinsi penerimaan penghargaan yakni Provinsi Jawa Tengah, DIY Yogyakarta dan Jawa Timur.

3. Tito puji penyelenggaraan peringatan Hari Otda di Makassar

Tito Karnavian memuji peringatan Hari Otda di Makassar yang berlangsung meriah. Pujian secara khusus disampaikan kepada Wali Kota Danny, yang dianggap kerap memberikan kejutan spesial dalam setiap penyelenggaraan kegiatan akbar.

“Saya berterimakasih, wabil khusus kepada Wali Kota Makassar, Pak Danny Pomanto. Saya tidak menyangka acara semeriah ini,” kata Tito di sela-sela sambutannya.

Dalam catatan Tito, sekitar 70 persen kepala daerah dari seluruh Indonesia hadir pada upacara peringatan Hari Otda di Makassar. Peringatan hendaknya jadi momen refleksi bagi seluruh daerah dalam menjalankan pemerintahan.(dn)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.