Mahasiswa Tampil Sebagai Penceramah di Masjid Ka’bah Tanete

oleh

Maccanews, Bulukumba.- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba selama 2 bulan kedepan mengabdikan diri melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

Kehadiran mereka sekaligus memanfaatkan momentum Ramadhan sebagai ladang amal dan dakwah, sehingga corak program kerja mereka yang nampak di awal bulan seluruhnya adalah amal, sosial, pendidikan (pembinaan) dan dakwah.

Khairul Mahfud, Sekretaris KKN-T UMB Kelurahan Tanete, semalam tampil sebagao penceramah sebelum Sholat Tarawih di Masjid Sitti Aisyah yang berbentuk Ka’bah.

Safari Ramadhan ini juga merupakan program kerja Mahasiswa KKN ini menjadi jalan bagi Ketua Departemen Dakwah & Al Qur’an PD Lidmi Bulukumba menjadi penceramah di masjid Ka’bah.

Bermula dari merumuskan konsep dan bermufakat melalui Seminar Program Kerja yang sukses digelar di Aula Kantor Kelurahan Tanete.

Kegiatan ini diharadiri seluruh stakeholder yang terkait mulai dari Pemerintah setempat, Tokoh Masyarakat hingga pada Elemen Masyarakat itu sendiri.

Khairul Mahfud mengatakan, Safari Ramadhan menjadi tawaran para Mahasiswa kepada setiap imam masjid yang berada di kelurahan Tanete untuk memenuhi kebutuhan penceramah dan imam tarawih.

Khairul Mahfud, salah seorang mahasiswa menjadi penceramah di Masjid Sitti Aisyah (Masjid berbentuk Ka’bah) sekakigus menjadi imam sekaligus penceramah di Masjid Mutiara dan Masjid Al Fath.

“Alhamdulillah, Program Safari Ramadhan Mahasiswa KKN-T UMB Kelurahan Tanete sudah menjajaki 3 Masjid yang berada di kelurahan Tanete meliputi : Masjid Sitti Aisyah di Jl. Poros Tanete, Masjid Mutiara Ashaf Abdullah di Jl. Poros Tanete, dan Masjid Al Fath di Jl. Laiya,” ujarnya.

Dan menurutnya Insyaallah malam ke-10 Ramadhan Mahasiswa KKN-T UMB Kelurahan Tanete akan melakukan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Tanete.

Rencananya, menurut Khairul Mahfud yang juga seorang penulis buku mengatakan, melalui program Safari Ramadhan ini Mahasiswa KKN-T FKIP UMB Tanete akan mengunjungi total 13 Masjid yang ada di Kelurahan Tanete yang tidak hanya menunaikan amanah imam dan penceramah, namun juga program kerja lainnya.

“Adapun program lain dari Mahasiswa KKN-T UMB Kelurahan Tanete yang sudah terlaksana meliputi :
– Literasi Al-Qur’an/Pendampingan TPA
– Gerakan Bersih Bersih Masjid
– Gerakan Kolaborasi Masyarakat/Bakti Sosial.

Adapun Program yang lain yang belum terlaksana dan akan dijalankan nantinya Insyaallah :
-Penanaman dan pembudidayaan tanaman terong
– Bulukumpa Ramadhan Fair (Lomba Adzan dan Hafalan Surah Pendek Antar Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Bulukumpa)
– Senam Sehat
– Bimbingan Belajar SD
– Sharing Session Kepenulisan dan Bedah Buku,” terangnya.

Masyarakat kelurahan Tanete merespon baik kehadiran dan abdi masyarakat para Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba ini, bahkan menurut Khairul Mahfud salah satu pengurus Masjid di kelurahan Tanete tidak segan segan untuk memberikan ruang dan kesempatan sebesar besarnya kepada mereka para Mahasiswa untuk memakmurkan masjid, mulai dari Muadzin, Imam, ceramah tarawih, hingga pada program program yang mereka canangkan.

“Harapan kami sebagai Mahasiswa KKN-T UMB yang berposko di kelurahan Tanete : Semoga program yang kami laksanakan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kelurahan Tanete dan menjadi pengalaman yang begitu berharga buat kami untuk bisa lebih bermanfaat lagi di ruang lingkup yang lebih luas,” pungkasnya.

Salah satu program Safari Ramadhan yang dinantikan bagi para pemuda terlebih para pelajar yang ada di kelurahan Tanete adalah Sharing Session Kepenulisan dan Bedah Buku.

Program ini bersamaan dengan launching nya buku Khairul Mahfud yang berjudul : Semua Tentang Al Qur’an. Bagi mereka yang beruntung, Khairul Mahfud menyiapkan Bimbingan Tahfidz Online bagi pembeli bukunya yang juga gratis biaya pengiriman bagi yang berdomisili kabupaten Bulukumba.

Perlu diketahui bahwa Khairul Mahfud melalui OKP PD Lidmi Bulukumba mengadakan Program Tahfidz Online Jilid 2 di sepanjang Ramadhan ini. Kesuksesan Tahfidz Online dan Offline Ramadhan tahun lalu menjadi alasan mengapa Khairul Mahfud tetap mengadakan program Nasional ini meski sedang melakukan KKN.-(Ahmad Robbani)

Editor Suaedy

No More Posts Available.

No more pages to load.