Begini  Cerita Andi Ira Rahmi yang Kini Jadi Owner Kedai Mami 

oleh

Maccanews, Bulukumba.- Kesetaraan gender di zaman yang semakin maju, telah membuka banyak peluang besar bagi perempuan untuk melakukan apa yang mereka sukai, termasuk memilih untuk jadi seorang pengusaha.

Di era digital sekarang ini, bekerja bisa dilakukan dengan berbagai bentuk dan aktivitas yang beragam. Salah satu aksi nyatanya adalah perempuan pengusaha atau usaha bisnis.

Menurut data Global Entrepreneurship Monitor tahun 2019, dari populasi 85 juta jiwa perempuan usia produktif di Indonesia, 43 persen di antaranya merupakan pengusaha aktif.

Laporan itu juga menyebutkan, sebanyak 36 persen dari total perempuan Indonesia pada usia kerja lebih memilih untuk menjadi pengusaha. Mayoritas pengusaha perempuan tersebut bergerak di sektor informal, atau pada sektor semi formal.

Profesi sebagai pengusaha tak hanya dijalankan oleh pria saja, tapi juga wanita. Ada banyak perempuan Indonesia yang sukses menjalankan usahanya ditengah kesibukan lainnya. Siapa saja pengusaha perempuan dibulukumba yang sukses merintis usahanya?

Dalam kesempatan ini Rabu15/03/2023, diperingatan Hari Ulang Tahun Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI ) Ke – 48 Tingkat Kabupaten Bulukumba, melakukan ngobrol santai dengan salah seorang pengurus IWAPI, Andi Ira Rahmi yang juga Owner Kedai Mami. Mengenal lebih dekat
Pengusaha Perempuan yang satu ini.

Kedai Mami adalah kedai makan minum dan katering yang beralamat dijalan kenari Bulukumba. Owner Kedai Mami, Andi Ira Rahmi yang juga berprofesi sebagai ASN pada Dinas Sosial s Kabupaten Bulukumba.

Alasan menjadi pengusaha ditengah kesibukan lainnya sebagai ASN, Andi Ira Rahmi menuturkan, alasan membuka usaha selain untuk tambah penghasilan, juga membuka lapangan kerja bagi orang – orang yang membutuhkan pekerjaan.

Menjadi pengusaha yang selanjutnya adalah persoalan waktu, mencari uang terkadang membuat orang harus merelakan waktu berharga bersama orang terkasih tentu saja. Apalagi ketika terikat dengan sebuah pekerjaan kantor dengan waktu dan ritme kerja yang sama secara berulang.

Tentu saja akan menguras waktu. Semoga kedepannya kata isteri Sekertaris Dinas Perikanan Bulukumba Andi Onny, Kedai Mami semakin maju dan berkembang serta bisa membantu orang – orang yang membutuhkan.

Aturan yang khusus dan harus kita jalanan juga menjadi salah satu alasan kenapa orang memilih untuk mencari pekerjaan yang lebih fleksibel. Uang dan waktu memiliki keterkaitan yang erat sekali pada mulanya. Maka dari itu kita bisa mendapatkan uang namun merelakan waktu kita. Namun bukan berarti kita mengorbankan seluruh waktu hanya untuk mencari uang. Akan lebih baik jika kita memperhatikan bahwa waktu tidak akan bisa diputar kembali meski dengan uang. Sehingga nantinya kita memiliki control dan batasan dari dalam diri sendiri.,” ujar Andi Ira
Mencari uang dengan cara lain yang lebih mudah seperti menjadi pengusaha untuk mengatur waktu sendiri. Orang menjadikan alasan seperti ini untuk memiliki waktu yang lebih fleksibel untuk keluarga, teman dan bahkan untuk diri sendiri.
Jadi usahakan Anda memperhatikan hal seperti ini untuk mengetahuinya lebih jauh lagi. Pada dasarnya waktu akan bisa kita atur secara lebih merdeka ketika menjadi seorang pengusaha.
Hobi memasak menjadikan wanita cantik ini terjun dalam dunia kuliner, pada mulanya ia coba – coba membangun usaha kecil dalam bentuk kedai singgah yang menyediakan makanan dan minuman, dengan melihat respon warga yang begitu besar setiap harinya. Hal ini membuat Andi Ira Rahmi mencoba inovasi baru yaitu coba menawarkan ayam bakar dan nasi bakar salah satu menu andalan kedai mami, ketika ia memiliki ide untuk menawarkan menu tersebut, Respon dari teman – temannya sendiri yang ia tawarkan melalui medsos tanpa disangka ia mendapatkan feedback yang baik hingga dari mulut ke mulut kedai mami makin dikenal.

Dari situlah mulai kewalahan karena setelah bekerjasama dengan gom food para driver tidak henti – henti nya berdatangan ke kedai yang membuat Andi Ira harus membuat cara baru agar proses pemesanan teratur. Pada akhirnya ia merekrut karyawan yang saat ini berjumlah 4 orang.

Kalau masak dari hati, rasanya dari hati, maka akan menghasilkan makanan yang dinikmati pakai hati, jadi pengunjung seoalah jatuh hati untuk tetap berkunjung di Kedai Mami untuk bersantap bersama keluarganya,” kata Andi Ira.

Ia berharap dengan multi konsep kekinian yang diusung, Kedai Mami terus berupaya melahirkan terobosan-terobosan kreatif yang semakin memanjakan kosumen.

Pada saatnya kita berada diakhir oborolan pada peringatan Hari Ulang Tahun IWAPi Ke – 48 Andi Ira Rahmi mengatakan keberadaan IWAPI sebagai mitra pendamping pemerintah untuk menguatkan para perempuan pelaku usaha.

” Saat ini kita tengah berada pada kondisi dimana persaingan bebas di berbagai bidang pembangunan sedang berlangsung termasuk bidang ekonomi. Kami pun terus mengupayakan pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi melalui program UMKM mengakhiri kesenjangan akses ekonomi bagi perempuan. Saya optimis IWAPI dapat berseinergi dengan semua elemen dalam pemberdayaan kaum perempuan,” tutup Andi Ira.-(*)

Editor Suaedy

No More Posts Available.

No more pages to load.