Apresiasi Rakorsus, WALHI Minta Gubernur Sulsel Belajar dari Wali Kota Makassar

oleh
oleh

Makassar, – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Makassar yang rutin melaksanakan Rapat Koordinasi Khusus atau Rakorsus setiap tahunnya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Eksekutif WALHI Sulsel, Muhammad Al Amin, saat menghadiri Rakorsus Pemkot Makassar di Hotel Four Points by Sheraton, Selasa (14/03/2023).

Menurut Amin, giat seperti ini membuka ruang-ruang diskusi antara pemerintah dan pihak lain, termasuk masyarakat untuk saling memberi masukan dan kritik yang membangun demi pengembangan Kota Makassar yang lebih baik ke depannya.

“Bagi kami kelompok masyarakat, ini adalah salah satu model yang sangat keren, baik dan edukatif. Saya cukup mengapresiasi Rakorsus ini. Ada banyak hal yang ingin disampaikan ke pemerintah kota secara khusus dan akhirnya bisa disampaikan,” bebernya.

Bahkan secara khusus, dirinya berharap pemerintah daerah yang lain, khususnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bisa belajar dari Wali Kota Makassar dalam menginisiasi gelaran Rakor serupa. Dengan begitu, pemerintah bisa mendengar dan menerima langsung masukan dari publik.

“Saya kira ini pembelajaran berharga buat pemerintah lain, terutama untuk gubernur untuk bisa membuat Rakor seperti ini ke depannya, untuk pembangunan provinsi yang lebih baik lagi, menginput masukan publik, daripada kita merasa membangun program yang tidak ada manfaatnya bagi masyarakat,” jelas Amin.

Ia menilai forum ini sudah cukup baik untuk menjalin relasi yang harmonis dengan pemerintah kota untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Kota Makassar.

“Kami hanya memberikan apa yang bisa kami lakukan seperti mengurangi sampah, mengajak masyakarat, OPD, pemerintah, untuk bisa mendukung dalam pemulihan lingkungan dan kebersihan Kota Makassar,” tandasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.