Peraturan Transfer Uang ke Luar Negeri Wajib Diketahui

oleh
Sumber Gambar : nerdwallet.com

Memasuki era global seperti sekarang transaksi kirim uang ke luar negeri semakin meningkat. Baik untuk urusan pribadi atau bisnis, transfer uang dari Indonesia ke Negara tetangga atau sebaliknya semakin banyak terjadi. Agar bisa melakukan transfer uang ke Negara lain dengan lancar, ketahui peraturan transfer uang ke luar negeri lebih dulu.

Peraturan Bank Indonesia Tentang Transfer Uang ke Luar Negeri

Untuk melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri, Indonesia memiliki peraturan yang perlu dipahami dan dipatuhi. Istilah untuk kegiatan kirim uang yang ada di Indonesia ini adalah remitansi.

Remitansi ini adalah layanan jasa untuk proses pengiriman uang yang menjadikan transaksi lebih aman yang bisa dilakukan pengirim dari dalam negeri ke luar negeri dan sebaliknya. Dalam prosesnya ada tujuan rekening bank atau bisa juga dilakukan pengambilan secara tunai melalui jalur resmi yang sudah mempunyai lisensi.

PBI atau peraturan Bank Indonesia tentang transfer uang dari luar negeri atau ke luar negeri dapat dilakukan melalui lembaga seperti bank, penyedia jasa pengiriman uang, serta kantor pos. Berikut penjelasan lebih lanjut:

1. Bank

Untuk melakukan pengiriman dana ke luar negeri ada bank yang menjadi lembaga keuangan yang bisa membantu setiap WNI untuk melakukan transaksi keuangan baik dalam negeri atau luar negeri. Bank yang bisa membantu transaksi tersebut bisa bank swasta atau nasional asal memang sudah menyediakan jasa remitansi.

2. Penyedia Jasa Pengiriman Uang

Remitansi juga bisa dilakukan melalui penyedia jasa pengiriman barang dimana ini memberikan keuntungan sendiri bagi pengguna yang ingin melakukan kegiatan transfer dana ke luar negeri. Layanan dari lembaga keuangan yang satu ini mempunyai lisensi dari otoritas setempat agar sehingga bisa menjalankan transaksi transfer tersebut.

3. Kantor Pos

Selanjutnya ada kantor pos yang menyediakan jasa pengiriman barang atau uang yang mendukung juga proses transaksi sesuai PBI terkait kirim uang ke luar negeri atau sebaliknya. Kantor pos tidak hanya menyediakan layanan untuk pengiriman surat dan paket namun sekarang juga sudah menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri.

Sekarang sudah ada aplikasi Flip yang memudahkan transfer dana ke luar negeri. Hal ini membuat penggunanya merasakan praktisnya dalam melakukan transaksi luar negeri  Flip memang lebih dikenal sebagai aplikasi transfer antar bank secara gratis. Namun sekarang sudah berkembang dan memiliki fitur Flip Globe yang dapat digunakan transfer dana ke luar negeri.

Mengirim uang ke luar negeri dengan Flip Globe bisa mendapatkan status transaksi real time, ada support terbaik untuk memastikan proses pengiriman uang lancar dan aman, hingga bebas biaya tambahan sehingga transaksi kirim uang ke luar negeri jadi lebih hemat.

PBI Transfer Uang ke Luar Negeri Terbaru

Peraturan transfer uang ke negara lain dari Bank Indonesia akhir-akhir ini sudah mengalami sedikit penyesuaian sehingga untuk finalnya, hal yang harus dilakukan ketika melakukan transfer dana ke luar negeri adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan lembaga keuangan atau aplikasi yang sudah memiliki lisensi legal dan resmi
  • Meminta bukti transaksi secara sah
  • Ada biaya transaksi yang harus dibayarkan sesuai penyedia layanan jasa pengiriman uang
  • Mencantumkan data diri lengkap baik untuk penerima dan pengirim uang secara jelas dan rinci untuk mempermudah proses pencairan
  • Penerima yang mendapatkan dana dalam bentuk tunai dilarang memberitahukan PIN atau nomor referensi ketika mencairkan dana terkait
  • Pengirim perlu melakukan pengecekan apakah dana yang dikirim sudah diterima pihak bersangkutan atau belum

Nah, itu dia penjelasan singkat terkait peraturan transfer uang ke luar negeri yang perlu diketahui. Saat ini, kamu bisa mengirimkan uang ke negara lain dengan lebih praktis, cepat, dan mudah melalui aplikasi Flip. Berkat fiturnya yang bernama Flip Globe, kamu bisa mengirim uang ke lebih dari 50 negara penerima dengan biaya terjangkau dan proses yang cepat.

Flip pun tidak ada biaya tersembunyi dalam setiap transaksinya sehingga pihak penerima ataupun pengirim tidak akan terbebani oleh biaya lain. Selain itu, Flip pun menyediakan status transaksi yang selalu diperbarui secara berkala sehingga kamu bisa melihat sejauh mana proses transfer yang dilakukan.

Untuk keamanan pun tidak perlu khawatir karena Flip sudah mendapatkan izin lisensi dari Bank Indonesia sejak tahun 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68. Sebagai perusahaan transfer dana, Flip tidak berada dibawah naungan OJK, melainkan Bank Indonesia. Jadi jangan ragu lagi, percayakan urusan transfer dana ke luar negeri bersama Flip sekarang juga!

 

untuk kalimat ini agak kurang tepat, seolah Flip merupakan aplikasi yg dibuat oleh Bank Indonesia, tolong dikoreksi

 

Sudah dikoreksi ya, mohon dicek kembali. Terima kasih.

No More Posts Available.

No more pages to load.