Agar Bantuan Tidak Salah Sasaran, Dinsos Makassar Gelar FGD

oleh

MAKASSAR – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Bertempat di Melia hotel Makassar, pada Kamis (08/12/2022).

Kepala Dinsos Kota Makassar, Aulia Arsyad mengatakan bahwa kegiatan ini mengangkat tema ‘Sinkronisasi pelaksanaan izin undian gratis dan pengumpulan uang/barang dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial’.

Perlu diketahui bahwa dengan permasalahan sosial yang dialami oleh masyarakat, yang terpenting adalah pendataan terlebih dahulu.

“Bukan kami dari pihak dinsos tidak ingin menerima laporan untuk bantuan. Tapi, terkadang data yang kami minta tidak terpenuhi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Aulia mengemukakan adanya kejanggalan informasi data yang sering terjadi di wilayah kepimpinannya.

Seperti yang paling sering terjadi beber Aulia, meminta bantuan tanpa ada data yang jelas sehingga disiyalir akan adanya penyaluran bantuan tidak tepat sasaran.

Sementara, Ketua umum Forum Kemanusiaan Kota Makassar, Udin Malik mengutarakan prinsip dasar penyaluran bantuan dan penghimpunan dana.

Adanya koordinasi serta kolaborasi antara lembaga kemanusiaan dan Dinas Sosial akan lebih mempermudah penyaluran bantuan.

“Peningkatan kapasitas penyaluran bantuan untuk korban bencana telat sasaran berbasis data,” katanya.

Udin menjelaskan adanya dasar kepedulian dengan niat Kemanusiaan akan memberikan dampak penyaluran bantuan yang lebih efektif dan terkontrol. Harus ada regulasi dan mekanis yang baik dalam penyaluran bantuan terhadap korban bencana.

“Semoga dengan kegiatan ini, ditetapkan mekanisme penyaluran dan pengumpulan dana untuk korban bencana,” harapnya. (Win)

No More Posts Available.

No more pages to load.