BPBD Kota Makassar Siapkan Personel Kecamatan Hadapi Potensi Banjir

oleh

MAKASSAR, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau seluruh camat segera menyiagakan personel wilayah untuk menghadapi banjir. Kepala BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan hal tersebut untuk merespons prakiran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebut cuaca ekstrem akan menerjang pada pekan ini.

“Diharapkan para camat selalu siaga dan memonitoring daerah masing-masing serta melaporkan secara periodik perkembangan terbaru di wilayahnya,” ujar Hendra dalam keterangannya, Minggu (23/10/2022).

ra mencatat, pihaknya telah memetakan beberapa kecamatan yang menjadi fokus penanganan kebencana karena rawan banjir. Daerah tersebut yakni Kecamatan Biringkanaya, Tamalate, Manggala, Panakukang, Tamalanrea, dan Rappocini.

“Masyarakat dan pejabat kecamatan diminta tetap waspada dan siaga terjadi banjir. Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Biringkanaya, Tamalate, Manggala, Panakukang, Tamalanrea, dan Rappocini,” lanjutnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan prakiraan cuaca yang menunjukkan hujan dengan intensitas tinggi dan sedang akan terjadi di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya pada Oktober sampai Desember 2022. Hal tersebut disebabkan oleh dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan adanya Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam

“Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam. Siklon menyebabkan potensi pertumbuhan awan cumulonimbus di wilayah udara RI (salah satunya Makassar) pada tanggal 15 – 21 Oktober 2022,” tulis BMKG dalam laman bmkg.go.id.(dn)

No More Posts Available.

No more pages to load.