Danny Pomanto Minta Pelaksana Proyek IPAL Losari Jadwalkan Pemulihan Lokasi

oleh

MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengingatkan pelaksana proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari agar segera menjadwalkan pemulihan lokasi yang telah dikerjakan.

Hal ini disampaikan Danny Pomanto saat bertemu kontraktor IPAL Losari dalam rapat di Ruang Sipakalebbi, Balaikota Makassar, Kamis

(20/10/2022).

“Harus dijadwalkan ulang pengembalian kondisi. Kalau proyek berakhir Februari, yah bisalah segera di Januari,” ungkap Danny Pomanto.

Ditegaskan oleh Danny Pomanto bahwa Pemkot Makassar sangat mendukung keberadaan proyek ini. Sebab manfaatnya yang sangat besar bagi warga Makassar.

“Kami sejak awal dukung. Secara pribadi dan secara institusi sangat mendukung proyek ini,” ucap Danny Pomanto.

Hanya saja, dalam prosesnya titik yang dikerjakan dikomplain masyarakat. Mulai dari menyebabkan hambatan lalu lintas, hingga lokasi yang dikerjakan tidak dipulihkan dan terkesan ditelantarkan.

“Namun masyarakat kita ini responsif dan kritis. Komplain yang masuk sangat banyak, saya harap agar yang sudah selesai tahapannya agar kondisi dipulihkan seperti semula. Saya pasti keberatan kalau ditempel, harus mulus seperti sebelum dikerja,” jelas Danny.

“Mohon serius agar segera sempurnakan, jangan kesannya ditelantarkan,” imbuhnya.

Dia menyarankan agar pelaksana proyek untuk menyiapkan saluran komunikasi publik. Tujuannya agar publik tahu sejauh mana progres pengerjaan proyek IPAL berstandar internasional ini.

“Perlu pembenahan di lapangan, dan harus punya juru bicara yang sampaikan ke publik progresnya seperti apa. Dan juga dimonitoring juga keluhan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Ditjen Cipta Karya Ahmad Asiri menyanggupi permintaan Danny Pomanto dan keluhan warga Makassar.

“Reschedule kegiatan recovery atau pemulihan akan kami respon dengan baik. Akan segera rapat koordinasi dengan seluruh pelaksana kegiatan,” ujar Ahmad Asiri.

Beni Iskandar, Selaku Direktur Utama yang hadir bersama Direktur IPAL Perumda Air Minum Kota Makassar Ayman Adnan, mengatakan dalam Rapat Pembahasan tersebut Walikota Makassar memaparkan soal pengelolaan Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari. “Untuk jaringan Perpipaan akan dikelola oleh Perumda Air Minum Kota Makassar sedangkan untuk pengelolaan Air Limbahnya akan dikelola oleh BLUD tapi ini belum final karena akan terus diintensifkan komunikasinya”. Ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asia Development Bank Anastasia Caroline, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Makassar Zuhaelsi Zubir, Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Hamka, Kepala UPT PAL DPU Makassar, Hamka Darwis serta perwakilan pelaksana proyek IPAL Losari.(*)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.