TMMD Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Masyarakat

oleh

Maccanews, Masamba – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-115 Tahun Anggaran 2022 di wilayah Kodim 1403/Palopo secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, ST.,M.Si. di Lapangan Taman Siswa, Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Selasa (11/10/2022).

Wakil Bupati Luwu Utara. Suaib Mansur, ST.,M.Si. menyampaikan dalam amanatnya bahwa jumlah kebutuhan masyarakat akan pembangunan, sangatlah tidak sebanding dengan kemampuan Pemerintah untuk memenuhi semuanya baik tenaga, waktu apalagi anggaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan dan partisipasi berbagai pihak termasuk TNI. TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD merupakan salah satu bentuk sinergitas anatara TNI, Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

“Melalui program TMMD ini kita semua berharap agar TNI mampu mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa memiliki semangat gotong royong secara sukarela dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.
Sesuai tema TMMD ke 115, “Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”. Agar sinergitas dan solidaritas antara TNI dan Pemerintah Daerah serta masyarakat tetap terjaga. Hasil dari kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Di akhir amanatnya, Wabup Luwu Utara menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada TNI khususnya Komandan Kodim 1403/Palopo yang telah mencanangkan program TMMD di Kabupaten Luwu Utara yang akan membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pembacaan Kesiapan Pelaksanaan TMMD, Dandim 1403/Palopo Letkol Inf Afriadi Nidjo,mengatakan bahwa TMMD akan berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 11 November s.d. 09 November 2022 dengan sasaran program fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik berupa pembuatan talud 311 meter di Desa Pince Pute, 525 meter Desa Mulyorejo, dan 190 meter Desa Mario, pembangunan bronjong 85 meter di Desa Toradda dan 77 meter di Desa Patila, serta pembangunan drainase 126 meter di Desa Mekar Jaya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan bela negara,penyuluhan tentang posyandu dan stunting, penyuluhan terorisme, penyuluhan narkoba, pelayanan pengobatan masal, pengadaan polybag hanpangan, kegiatan donor darah, dan pembagian sembako.

Sebagai tanda dibukanya TMMD ke-115 TA 2022, Wabup Luwu Utara secara simbolis memasang pita dan menyerahkan alat kerja kepada tiga perwakilan pelaku TMMD. Kemudian dilanjutkan pemukulan Gong didampingi Dandim 1403/Palopo serta Forkopimda Kabupaten Luwu Utara.

Setelah selesai upacara, Wabup Luwu Utara dan Dandim 1403/Palopo beserta rombongan meninjau Posko TMMD ke-115 TA 2022 Kodim 1403/Palopo di Gedung Pemuda Kec. Masamba, Kab. Luwu Utara dilanjut melihat tanaman Han Pangan di Koramil 1403/11 Masamba dan meninjau sasaran fisik pembuatan talud sungai di Desa Toradda.

Adapun peserta upacara terdiri dari TNI, POLRI, Komcad, Damkar, Satpol PP, Ormas Pemuda Pancasila dan pelajar

Upacara pembukaan TMMD dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Luwu Utara, Komandan Kodim 1403/Palopo, Sekda Kabupaten Luwu Utara Wakapolres Luwu Utara, Pasi Bakti Ter Korem 141/Toddopulli, Danpos Munte TNI AL, Persit Kodim 1403/Palopo dan jajaran Forkopimda serta Ormas setempat(Penrem 141/Tp)

No More Posts Available.

No more pages to load.