Ayo Daftar, Bawaslu Bulukumba Segera Rekrut 30 Anggota Panwaslu Kecamatan

oleh

Maccanews, Bulukumba– Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Kabupatan Bulukumba tingkat kecamatan di Kabupaten Bulukumba segera dibentuk.

Hal ini dikatakan o Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba, Ambo Radde Junaid saat menjadi narasumber pada talkshow pembentukan panwaslu kecamatan di studio suara panrita lopi (SPL) FM Bulukumba, Selasa (20/9/2022).

“Anggota panwaslu kecamatan nantinya yang di rekrut sebanyak 30 orang, masing-masing berjumlah 3 orang setiap kecamatan,” jelasnya.

Dalam recruitmen ini, Bawaslu Bulukumba sudah melakukan sosialisasi sejak tanggal 10, dan secara massif mengumumkan pada 15 September.

“Insya Allah persiapan kami sudah 90 % untuk menerima pendaftar, calon Panwaslu Kecamatan dapat melakukan pendaftaran pada 21-27 September 2022,” katanya.

Ambo Radde menambahkan jika calon anggota panwaslu kecamatan yang nantinya dinyatakan lulus administrasi,  akan mengikuti tes tertulis dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), dan selanjutnya akan masuk pada tahapan wawancara sebelum ditetapkan sebagai anggota panwaslu kecamatan terpilih.

Di tempat yang sama Anggota Bawaslu Bulukumba Abdul Rahman menjelaskan jika anggota panwaslu kecamatan terpilih nantinya akan bertugas melakukan pengawasan seluruh tahapan pemilu di wilayah kecamatan masing-masing

Pengawasan tersebut seperti mengawasi pemutakhiran data pemilih, pelaksanaan kampanye, distribusi logistik hingga rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, urianya.

Hal yang sama juga di ungkapkan Bakri Abubakar, selain mengawasi tahapan, anggota panwaslu kecamatan juga memiliki tugas untuk melakukan pencegahan dan penindakan.

“Salahsatu tugasnya adalah mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah kecamatan serta mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam Undang-Undang di wilayah kecamatan,” tutupnya.-(*)

Editor Suaedy

No More Posts Available.

No more pages to load.