Dewas dan Komite Audit PDAM Rapat Perdana, 3 Masalah Utama Jadi Fokus Pengawasan

oleh

MAKASSAR, MACCANEWS — Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Air Minum (PDAM) Makassar melakukan rapat perdana di Ruang Kerja Dewas PDAM Makassar, Kamis (21/7/2022).

Rapat ini digelar bersama Komite Audit yang telah ditunjuk untuk membantu kerja pengawasan di internal PDAM Makassar.

Agenda yang dibahas di antaranya Standart Operasional Prosedur (SOP) Dewas dan Komite Audit yang telah termaktub dalam PP No 54 tahun 2017. Selain itu juga mengurai secara lebih detail tupoksi tiap anggota Dewas dan Komite Audit.

Prof. Aminuddin Ilmar yang memipin rapat mengemukakan tiga garis besar fungsi dan tugas Dewas yakni pertama pemeriksaan dan pengawasan, kedua penilaian kesehatan perusahaan, ketiga kepatuhan perusahaan.

Sementara itu, terdapat tiga persoalan yang dihadapi PDAM selama ini harus mendapatkan atensi serius oleh Dewas dan juga Komite Audit.

Pertama, lingkup pelayanan air bersih PDAM Makassar masih di bawah 70 persen yang idealnya sudah bisa mencapai 80 persen ke atas. Kedua, tingkat kehilangan air cukup besar mencapai 52 persen, serta kepatuhan perusahaan terhadap SOP yang belum maksimal.

“Kita berharap persoalan-persoalan itu mendapatkan perhatian serius dari Dewas dan Komite Audit. Kehadiran kita harus mampu memberikan saran dan masukan kepada direksi baru agar kerja yang dilakukan sesuai dengan prinsip pengelolaan perusahaan yang baik,” katanya.

Rapat yang berlangsung kurang lebih lima jam ini juga menjadi ruang koordinasi Dewas dan Komite Audit yang baru dibentuk dan dilantik. Komite Audit yang beranggotakan lima orang diharapkan bekerja maksimal membackup langkah pengawasan Dewas PDAM Makassar.

“Diharapkan kepada anggota audit untuk berbagi tupoksi terkait hal yang menjadi fokus pengawasan di internal PDAM. Dimana ranah Komite Audit untuk membantu tugas Dewas dalam hal pengawasan. Sehingga koordinasi dan sinergitas sangat dibutuhkan,”
pungkas Prof Ilmar.

Rapat perdana ini dihadiri anggota Dewas PDAM yakni Prof Aminuddin Ilmar, Arifuddin Hamarung, dan Andi Fadly Ferdiansyah. Hadir pula Sekretaris Dewas Henni Handayani.

Sementara Komite Audit dihadiri Asmaeny Azis, Susuman Halim, Mochtar Juma, Siti Sufaidah dan Riman S Duyo.

No More Posts Available.

No more pages to load.